Kisah Relawan Satu Kaki Yang Rela Jadi Polantas

Xie Qiming sedang mengatur lalu lintas (foto: CCTV News)

Melakukan pekerjaan polantas atau polisi lalu lintas bukanlah perkara mudah. Mereka harus sabar mengatur lalu lintas yang padat, apalagi cuaca sedang panas ditambah polusi yang tentunya sangat mengganggu.

Namun, pria cacat ini dengan suka rela mengajukan diri untuk menjadi polisi lalu lintas. Meskipun hanya memiliki satu kaki, pria bernama Xie Qiming itu dengan senang hati melakukan pekerjaan mulainya itu.

Setelah video ketika Xie mengatur lalu lintas di persimpangan di jalanan kota Xiamen, Fujian, China, tersebar luas di dunia maya, banyak netizen yang tersentuh dan memberikan pujian kepadanya.

(foto: CCTV News)

Dilansir dari CCTV News, pemilik toko ponsel lokal tersebut kehilangan kaki kanannya dalam sebuah kecelakaan mobil ketika usianya baru 9 tahun. Dia sedang berjalan di pasar ketika seseorang secara tak sengaja mendorongnya, dan ia tertabrak truk yang sedang melaju.

Setelah pemerintah kota Xiamen mulai merekrut relawan yang ingin jadi polisi lalu lintas bulan April lalu, Xie sempat menawarkan diri beberapa kali, namun baru-baru ini ia terpilih.

(foto: CCTV News)

Meskipun dengan kondisi fisiknya yang tidak mendukung, Xie dengan satu tongkatnya berhasil melakukan tugasnya dengan baik. Terbukti ia sudah menilang beberapa kendaraan yang melanggar lalu lintas.

Dia mengatakan ingin menggunakan pengalamannya sendiri untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keselamatan lalu lintas.
X