Ini Perbedaan Otak Laki-Laki Dan Otak Perempuan

Ilustrasi (foto: spincyclediaries.com)

Berbicara tentang pria dan wanita tidak akan cukup waktu seharian. Mereka adalah dua insan yang memiliki banyak kesamaan dan perbedaan.

Selain dari fisik dan perasaan, pria dan wanita memiliki otak yang agak berbeda jauh. Perbedaan antara otak laki-laki dan perempuan tersebut banyak menjelaskan perbedaan di antara mereka berdua, baik itu dari emosi, sikap atau prilaku, dan sebagainya.

Dilansir Wow Menariknya dari Brain Fitness For Life, berikut beberapa perbedaan mencolok antara otak laki-laki dan perempuan.

1. Ukuran Otak

Otak laki-laki biasanya sepuluh persen lebih besar dari otak perempuan. Meskipun lebih besar, bukan berarti pria lebih cerdas dibandingkan wanita. Sebaliknya, para ilmuwan percaya bahwa ukuran massa otak yang lebih besar cenderung pada ukuran massa otot dan tubuh yang lebih besar. Buktinya, ukuran tubuh pria rata-rata lebih besar dan lebih tinggi dibandingkan dengan wanita.

2. Belahan Otak

Banyak pria yang lebih tajam dalam penggunaan otak kiri. Sementara perempuan cenderung lebih seimbang antara penggunaan otak kiri dan otak kanan.

Oleh sebab itu, perempuan dianggap sedikit lebih intuitif dan komunikator dibandingkan dengan pria. Sementara itu, pria lebih berpikir berorientasi pada tugas daripada perempuan.

3. Hubungan

Konon, perempuan memiliki kemampuan komunikasi dan kecerdasan emosional yang lebih baik daripada pria. Wanita cenderung berorientasi berkelompok dan mencari solusi dengan berbicara melalui isu-isu alias ngegosip.

Namun pria lebih sulit menangkat isyarat atau sinyal emosional kecuali diungkapkan langsung oleh kata-kata.

4. Stres

Ketika menghadapi stres, pria biasanya menggunakan kata 'bertarung atau terbang', namun wanita biasanya menggunakan kata 'ikhtiar dan berteman'. Itu berarti wanita lebih bisa mengontrol ketika sedang menghadapi stres ketimbang pria.

5. Bahasa

Wanita sering unggul dalam bahasa karena dua alasan, pertama area otak yang berhubungan dengan bahasa lebih besar, kedua otak kanan dan kiri mendukung bahasa. Sementara pria hanya satu belahan otak saja yang mendukung dalam berbahasa.

6. Emosi

Karena wanita memiliki sistem limbik yang lebih mendalam ketimbang pria, maka wanita lebih baik dalam hal perasaan dan mengekspresikan emosi mereka. Hal ini membuat wanita lebih baik dalam berhubungan dengan orang lain, tetapi sayangnya lebih rentan terhadap berbagai jenis depresi.
X