Di Finlandia Pelajaran Matematika Dan Kimia Dihapus, Ini Alasannya?

Ilustrasi (foto: store.co.id)

Finlandia dikenal sebagai salah satu negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Namun pada tahun 2020, negara ini berencana untuk menghapus pelajaran matematika, kimia, dan fisika.

Sebagai gantinya sekolah-sekolah di Finlandia nantinya akan mengajarkan matematika fisika, dan kimia dengan tema-tema tertentu. Intinya, Finalndia ingin para pelajar bisa menerapkan dalam kehidupan nyata untuk apa belajar matematika, kimia, dan fisika.

Misalnya saja, para siswa akan menghabsikan waktu dua jam untuk mempelajari tema Uni Eropa. Dalam tema tersebut, para siswa juga akan belajar tentang ekonomi, sejarah, dan geografi.

Atau para siswa akan melakukan praktik langsung di kantin untuk mengamalkan ilmu matematika sekaligus melatih bahasa serta keterampilan komunikasi.

"Yang kami butuhkan adalah jenis pendidikan yang berbeda untuk mempersiapkan anak didik lebih siap bekerja," kata Pasi Silander, Manajer Pengembangan Pendidikan Helsisnsi.

Dia berpendapat bahwa anak-anak didik harus siap untuk menghadapi masa depan. Oleh karena itu dibutuhkan perubahan pada sistem pendidikan mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju.

Rencananya, pelajaran individu ini akan dihapus untuk pelajar usia 16 tahun. Sistem pendidikan baru ini diharapkan mulai bisa bekerja pada tahun 2020 mendatang.

Wah, Finlandia ternyata hebat yah dalam hal sistem pendidikan, Indonesia patut lho mencontohnya.

Sumber: Sciencealert
X