Bangun Pagi Karena Alarm Dapat Memperburuk Kesehatan?


Bangun di pagi hari sudah menjadi rutinitas hampir semua orang. Tak sedikit juga orang yang bangun di pagi hari karena dikejutkan oleh suara alarm. Tapi hati-hati, bangun pagi karena alarm dapat mengganggun kesehatan.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menemukan bahwa perubahan rutinitas tidur seperti bangun kepagian di hari biasa bisa mempengaruhi metabolisme yang berdampak pada obesitas, jantung dan diabetes.

Dari penelitian yang dilakukan pada 447 data orang dewasa berusia 30-54 tahun, di mana mereka adalah pekerja aktif yang bekerja minimal 25 jam tiap hari di kantor, 85% diantaranya memilki titik setengah jalan dalam siklus tidur mereka.

Artinya, mereka tetap bangun kepagian meski tidak bekerja. Dari hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa para pekerja dengan jam tidur buruk akan membuat mereka memilki tingkat kolestrol tinggi, berat badan cenderung naik hingga resistensi insulin yang besar.

Perubahan metabolik yang diakibatkan dari buruknya jam tidur dapat mempengaruhi perubahan kondisi tubuh seperti kegemukan, diabetes dan penyakit kardiovaskular.
X