Bahaya, Jangan Konsumsi 7 Sayuran Ini Sebelum Dimasak

Sayuran
Sayuran menjadi sumber vitamin, protein, mineral hingga kalsium yang baik bagi tubuh. Bayak cara untuk mengolah sayuran, mulai dari dimasak atau dikonsumsi saat mentah dan masih segar.

Beberapa orang menyukai mengkonsumsi sayuran yang masih mentah atau belum dimasak. Namun ternyata, beberapa jenis sayuran tidak semuanya baik dikonsumsi mentah-mentah.

Mengonsumsi sayuran mentah-mentah bisa menurunkan kandungan nutrinya jika tidak dimasak terlebih dahulu. Berikut beberapa sayuran yang tidak boleh dikonsumsi sebelum dimasak.

7. Kentang

Kentang memilki kandungan solanin yang tinggi apalagi saat warnanya sudah mulai kehijauan. Selain solanin, kandungan toksin chaconine juga dapat membunuh orang yang mengkonsumsinya. Untuk itu hindarilah mengkonsumsi kentang dalam keadaan mentah. Jika kentang sudah berwarna kehijauan hindarilah untuk mengkonsumsinya.

6.  Kacang merah

Kacang merah terbukti memilki racun alami yang dinamakan lektin. Kacang merah sangat tidak dianjurkan dikonsumsi mentah karena dapat menyebabkan rasa mual dan muntah yang berkepanjangan.

5. Buncis

Selain kacang merah jenis kacang-kacangan seperti buncis juga berbahaya saat dikonsumsi mentah. Glikosida sianogen yang merupakan asam amino beracun ini terkandung dalam buncis. Sebaiknya masaklah terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi sayur ini.

4. Terong

Terong mengandung senyawa yang dinamakan solanin. Saat terong dikonsumsi mentah, kandungan solanin di dalamnya akan meningkat yang mengakibatkan diare, pusing, kram perut hingga muntah.

3. Wortel

Wortel memilki rasa manis dan renyah saat dikonsumsi mentah. Wortel memang terasa nikmat saat dikonsumsi mentah, namun sayuran yang tinggi vitamin A ini sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan matang.

Wortel mengandung antioksidan, antikanker dan nutrisi penting lainnya yang kandungannya lebih tinggi setelah dimasak dibandingkan dikonsumsi mentah.

2. Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan kalsium. Namun bayam juga mengandung oksalat yang membuat kalsium sulit tercerna. Untuk menurunkan kadar oksalat dalam bayam, masaklah terlebih dahulu bayam sebelum dikonsumsi.

Selain menurunkan kadar oksalat, memasak bayam sebelum dikonsumsi juga dapat meningkatkan kandungan lutein. 

1. Tomat

Tomat kaya akan vitamin C, likopen dan antioksidan. Banyak orang yang menyukai mengkonsumsi tomat dalam keadaan mentah. Namun ternyata tomat lebih baik dikonsumsi setelah dimasak.

Proses memasak dapat membantu memecah dinding sel buah yang membuat kandungan nutrisinya lebih mudah dicerna.
X