Ayan, Penyakit Mematikan Yang Bisa Kambuh Kapan Saja

Penyakit ayan

Epilepsi ayan merupakan jenis penyakit mematikan yang bisa kambuh kapan saja. Penyakit ini menyebabkan serangan berkala yang ditandai dengan gejala kejang-kejang mendadak.

Penyakit ini bisa dikatakan sebagai serangan beruntun lebih dari 30 menit yang bisa berujung kematian. Mengerikannya lagi, penyakit ini bisa menyerang kapan saja kepada penderitanya tanpa ada sebab yang pasti.

Penyebab penyakit ini di antaranya adalah kelainan saraf otak, implus elktrik otak terganggu, dan otak kekurangan oksigen. Meskipun demikian belum diketahui penyebab pasti penyakit ini.

Selain itu, faktor genetik juga mempengaruhi seseorang dapat terkena penyakit ayan. Dismaping itu, cedera otak akibat kecelakaan, sering minum alkohol, dan diabetes juga dikait-kaitkan sebagai penyebab penyakit ini.

Jika penyakit ini tiba-tiba kambuh, penderitanya akan terlihat seperti orang yang kejang-kejang, mata melotot, dan mengeluarkan liur dari mulutnya.

Dalam beberapa kasus, seseorang bisa terkena penyakit ini saat sedang mengemudi dan akibatnya terjadi kecelakaan.

Tindakan terhadap penderita penyakit ini adalah harus menjaga keamanan dan keselamatan penderita, kemudian menjaga lidah penderita agar tidak tergigit. Setelah itu segera beri air minum. Namun jika tak kunjung sembuh segera bawa ke dokter karena bisa berakibat fatal hingga menyebabkan kematian..
X