5 Serangan Teroris Paling Mematikan Dalam Sejarah Dunia Modern

Ilustrasi serangan teroris (foto: universityherald.com)

Dalam dunia modern ini, kelompok teroris malah semakin marak. Serangan demi serangan yang dilancarkan para teroris semakin membabi buta dan banyak memakan korban jiwa warga yang tak bersalah.

Selain itu, para komplotan teroris ini tak segan-segan menghancurkan bangunan-bangunan bersejarah, tempat ibadah, dan situs-situs penting lainnya. Mereka adalah orang-orang berdarah dingin yang tak pernah pandang bulu terhadap targetnya.

Berikut Wow Menariknya berhasil merangkum dari berbagai sumber beberapa serangan teroris paling mematikan dalam sejarah dunia modern.

5. Serangan 11 September 2001

(foto: youtube.com)

Serangan 11 September atau 9/11 merupakan salah satu serangan teroris paling parah yang pernah terjadi di muka bumi ini. Serangan tersebut melibatkan serangkaian empat serangan bunuh diri yang telah diatur terhadap beberapa target di New York City dan Washington D.C.

Ketika itu, para pembajak dari kelompok teroris Al-Qaeda membajak empat pesawat jet. Kemudian para pembajak itu menabrakan pesawat ke Menara Kembar World Trade Center di New York City. Pembajak juga menabrakan pesawat ketiga ke Pentagon di Arlington, Virginia.

Akibat serangan tersebut, setidaknya ada lebih dari 2.900 korban tewas dan lebih dari 6.000 orang mengalami luka-luka. Sejak peristiwa ini, Amerika Serikat dengan tegas akan memerangi teroris di mana pun mereka bersembunyi.

4. Bom Bali 2002

(foto: konrontasi.com)

Pada tanggal 12 Oktober 2002, tiga peristiwa pengeboman terjadi di Kuta, Bali, Indonesia, pada malam hari. Dua ledakan pertama terjadi di sebuah klub dan bar dan yang terakhir terjadi di dekat Kantor Konsulat Amerika Serikat.

Serangan bom bunuh diri tersebut memakan korban tewas sebanyak 202 jiwa dan 209 orang lainnya mengalami luka-luka.

Peristiwa Bom Bali 1 ini dianggap sebagai serangan terorisme paling parah dalam sejarah Indonesia. Sampai sekarang serangan tersebut masih meninggalkan bekas duka yang mendalam bagi warga Bali. Mereka bahkan membangun monumen untuk memperingati serangan ini.

3. Serangan Boko Haram Di Nigeria

(foto: bbc.com)

Tercatat sekitar 5.000 orang tewas di Nigeria selama serangan kelompok teroris Boko Haram dari tahun 2009 sampai 2004. Pada semester pertama tahun 2014, mereka menewaskan sedikitnya 2.000 jiwa. Tak hanya membunuh, mereka juga menculik lebih dari 5.000 orang, termasuk anak-anak sejak tahun 2009.

2. Pemubunuhan Massal Di Sekolah Peshawar

(foto: aljazeera.com)

Tujuh orang bersenjata dari kelompok radikal Taliban menyerang sebuah sekolah di Pakistan pada tanggal 16 Desember 2014 lalu.

Lebih dari 145 orang, termasuk 132 anak-anak sekolah berusia 8-18 tahun beserta staf sekolah tewas di Sekolah Umum Angkatan Darat di Peshawat, barat laut Pakistan. Sekitar 130 orang mengalami luka dalam serangan teroris ini.

Pasukan khusus Pakistan segera melancarkan serangan dan berhasil membunuh ketujuh teroris tersebut dan berhasil menyelamatkan 960 orang.

1. Serangan ISIS Di Perancis

(foto: mirror.co.uk)

Pada hari Jumat, 13 November 2015, serangkaian serangan teror dilancarkan di Prancis. Serangan yang dilakukan di beberapa titik ini setidaknya menewaskan sekitar 153 orang tewas.

Pemerintah Prancis mengklaim bahwa dalang di balik serangan itu adalah Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Sementara itu, ISIS sendiri mengaku bahwa mereka mendalangi serangan tersebut.

Dalam sebuah pernyataan resmi mereka seperti dilansir The Guardian, ISIS menjadikan Perancis sebagai target utama mereka karena telah berani menyinggung nabi mereka dan membombardir para pasukan jihad-nya.

Serangan tersebut langsung meninggalkan duka yang mendalam, tak hanya bagi warga Perancis tetapi bagi seluruh orang di dunia ikut bersimpati terhadap korban serangan biada kelompok radikal tersebut.
X