4 Makanan Ini Dapat Mendorong Seseorang Untuk Bunuh Diri

Ilustrasi (foto : firmingyou.com)


Kesehatan jiwa bisa terganggu karena depresi atau rasa cemas yang berlebihan pada seseorang. Faktor lain penyebab depresi adalah karena hormon tiroid, di mana hormon tiroid berperan terhadap meningkatnya energi, perasaan dan berat badan.

Efek yang ditimbulkan dari ketidakseimbangan hormon tiroid berupa rasa cemas berlebih, mudah marah, kelelahan hingga sulit tidur. Hal ini ternyata mengindikasikan bahwa penderita mengidap depresi yang erat hubungannya dengan bunuh diri.

Fakta mengejutkan mengungkapkan bahwa ketidakseimbangan hormon tiroid yang mengakibatkan depresi ternyata dipengaruhi dari apa yang kita konsumsi. Berikut ini ada beberapa makanan yang memicu ketidakseimbangan tiroid yang bisa mendorong seseorang untuk bunuh diri.

4. Kedelai

Kedelai mengandung goitragen yang dapat menggangggu fungsi tiroid. Untuk itu konsumsi kedelai non-fermentasi seperti susu kedelai harus diwaspadai dengan menjaga jumlah asupannya dalam tubuh.

3. Gluten

Sama seperti kedelai, gluten juga mengandung goitragen. Beberapa makanan yang mengandung gluten seperti mi, roti atau pasta yang terbuat dari tepung terigu akan mengganggu keseimbangan hormon tiroid.

2. Sayuran silangan

Brokoli, bunga kol dan lobak termasuk dalam sayuran silangan. Sayuran silang ini mengandung isothiocyanates yang merupakan salah satu jenis goitragen. Kandungan dalam sayuran silang ini akan mengganggu kelenjar tiroid yang membuat hormon tiroid menurun.

1. Iodium

Iodium memang dibutuhkan tubuh, namun dalam jumlah yang terbatas. Iodium terkandung dalam makanan laut atau makanan yang diasinkan. Iodium juga mempengaruhi hormon tiroid, di mana saat tubuh kelebihan iodium akan membuat seseorang terkena hiperteroid yang memicu depresi dan penyakit grave.
X