4 Alasan Jangan Menyilangkan Kaki Saat Duduk

Menyilangkan kaki saat duduk (foto: theduardian.com)

Menyilangkan kaki saat sedang makan, bekerja di meja atau duduk di kursi sudah menjadi kebiasaan yang umum dilakukan setiap orang. Mungkin beberapa di antara mereka menyilangkan kaki tanpa sadar dan sudah repleks.

Menyilangkan kaki memang membuat tubuh menjadi rileks dan santai, namun ternyata menyilangkan kaki saat sedang duduk memilki efek negatif bagi tubuh.

Seperti dilansir dari Yahoo, berikut ada beberapa alasan kenapa kamu jangan menyilangkan kaki saat duduk.

4. Menyebabkan nyeri pada punggung dan leher

Kebanyakan orang duduk miring sambil menyilangkan kaki mereka. Padahal seharusnya sikap duduk yang baik dan sehat adalah tegak dengan pandangan lurus ke depan dengan kedua kaki diatas lantai.

Menurut ahli terapi fisik ortopedi, Vivian Eisenstadt, duduk sambil menyilangkan kaki menjadi penyebab nyeri pada punggung dan leher. Hal ini dikarenakan pada saat menyilangkan kaki, tulang pinggul berada pada posisi torqued.

Hal ini akan menyebabkan tekanan pada tulang belakang semakin meningkat. Posisi tulang leher, tulang belakang dan tulang pinggul yang tidak stabil inilah yang menyebabkan nyeri pada leher dan punggung.

3. Berisiko terkena spider veins

Spider veins atau varises merupakan keadaan di mana terdapat bengkak atau urat yang bengkok di bawah kulit. Varises bisa disebabkan karena faktor genetik, kehamilan, terlalu lama berdiri, terlalu lama duduk atau terkena paparan sinar matahari.

Namun penelitian baru-baru ini memaparkan bahwa varises dapat disebabkan karena menyilangkan kaki. Alasannya, saat menyilangkan kaki, tekanan pada pembuluh darah yang bertugas mengembalikan darah ke jantung akan meningkat.

Tekanan ini dapat menyumbat aliran darah lainnya sehingga terjadi penghambatan yang membuat aliran darah rusak, lemah atau bocor yang menyebabkan varises.

2. Meningkatkan tekanan darah

Darah pada kaki harus dipompa kembali menuju jantung berlawanan dengan gravitasi. Namun saat kaki disilangkan, hal ini akan menyebabkan resistensi terhadap aliran darah meningkat.

Akibatnya, tubuh harus meningkatkan tekanan darah untuk mendorong darah kembali pada jantung.

1. Merusak saraf pada kaki

Bukan hanya mempengaruhi aliran darah, menyilangkan kaki juga berdampak bada saraf-saraf pada kaki. Saraf utama pada kaki, saraf peroneal, akan mengalami tekanan saat kaki disilangkan.

Tekanan ini dapat menyebabkan mati rasa hingga kelumpuhan. Bukan hanya pada saraf, otot dan pergelangan kaki akan rentan terkena kesemutan saat kaki disilangkan.
X