Suka Berlari Sambil Memakai Jaket? Berhentilah Mulai Sekarang!

Ilustrasi (foto : blog.codyapp.com)
Olahraga menjadi aktifitas penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Salah satu olahraga paling populer dan murah adalah berlari. Kebanyakan orang sering berlari mengenakan jaket atau sweater yang ternyata sangat berbahaya bagi tubuh.

Saat berolahraga, suhu tubuh akan meningkat. Hal ini diatasi oleh keringat yang berfungsi untuk menormalkan atau mendinginan kembali suhu tubuh. Ketika berlari mengenakan jaket atau sweater, cairan tubuh akan berkurang drastis dan menyebabkan dehidrasi.

Selain dehidrasi, berlari mengenakan jaket dapat membuat suhu tubuh meningkat berkali lipat sehingga menyebabkan heat stroke jika tidak segera mengganti cairan tubuh yang hilang.

Ketika suhu tubuh menaik setelah berlari, menggunakan jaket akan memperburuk kondisi tubuh. Hal ini yang akan memperparah dehidrasi sehingga menyebabkan darah mengental dan mengganggu proses aliran darah menuju seluruh tubuh, otak sampai jantung.

Banyak orang percaya bahwa saat berlari mengenakan jaket akan membuat berat badan turun lebih cepat. Namun pada kenyataannya, berat badan turun hanya sesaat karena yang hilang adalah cairan tubuh dan bukan lemak.

Berat badan akan kembali seperti semula setelah mengkonsumsi cairan kembali. Pembakaran lemak saat berlari memang terjadi namun tidak tergantung pada penggunaan jaket.
X