Negara Baru Ini Luasnya Cuma 100 Meter Persegi

Enclava (foto: Daily Mail)

Enclava merupakan negara yang baru dibentuk di Eropa. Bukan itu yang menariknya, tapi karena luas negara tersebut sangatlah kecil. Percaya atau tidak, negara ini luasnya cuma 100 meter persegi saja.

Diktuip dari detikTravel, Enclava pertama kali diproklamirkan oleh warga Polandia bernama Kamil Wrona bersama dengan teman-temannya. Sementara itu, negara ini dibentuk pada 23 April 2015 lalu, menurut situs resmi negara tersebut.

Beberapa media internasional seperti Reuters dan News.com.au memberitakan bahwa luas negara yang baru berumur 5 bulan ini hanya 100 meter persegi saja.

Namun, situs resmi negara tersebut membantah luas negaranya itu yang terlalu kecil. Mereka menulis luas negaranya adalah 30.000 meter persegi.

Lokasi negara Enclava (foto: detikTravel)

Enclava sendiri terletak di antara perbatasan Slovenia dan Kroasia. Menurut salah satu pendiri negara ini, Piotr Wawrzynkiewicz, mengklaim bahwa sudah ada 5.000 orang dari seluruh penjuru dunia yang mendaftar untuk menjadi warga negara Enclava.

Negara ini memiliki slogan "CIVUS TOTIUS MUNDI" yang berarti "Penduduk Dunia", atau dalam arti lain Enclava memandang sama semua penduduknya, tidak peduli apa warna kulitnya, agama atau asal negaranya.

Enclava juga menjamin warga negaranya bebas mengutarakan pendapat, mendapatkan pendidikan secara gratis, dan memperoleh pendapatan tanpa harus membayar pajak.
X