Minum Air Putih Setelah Makan Ternyata Berbahaya?


Kebanyakan orang seringkali meminum air putih setelah makan atau di sela-sela makan. Menurut para ahli, ternyata kebiasaan ini sangat mengganggu dan menghambat pencernaan dalam perut.

Saat makan, sistem pencernaan akan mengeluarkan enzim terhadap refleks perlindungan tubuh terhadap makanan yang merupakan zat-zat asing, atau dengan kata lain produk yang secara tidak alami dihasilkan tubuh.

Enzim berfungsi sebagai pemecah molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana. Disini, enzim berfungsi merubah makanan menjadi sari-sari makanan.

Saat dalam mulut, mulut mengeluarkan enzim yang membuat makanan diproses lebih cepat dalam lambung. Dalam lambung pun makanan memperoleh enzim yang merubahnya menjadi sari-sari makanan.

Namun akibat mengkonsumsi air putih saat atau sehabis makan dalam jumlah banyak akan memperhambat kerja enzim. Meminum air putih saat atau sehabis makan akan menyebabakan gesekan pada makanan dan organ pencernaan sehingga menyebabkan iritaso organ.

Asam lambung akan meningkat saat saat lambung memproses makanan yang telah bercampur dengan air. Inilah pemicu penyakit asam lambung atau maag. Selain itu, kadar insulin dalam tubuh pun akan meningkat yang menyebabkan tingginya penyimapan lemak dalam tubuh.

Sumber: old.tahukahkamu.com
X