Menakutkan, Retakan Besar Muncul Di Pegunungan Bighorn

Retakan besar di Pegunungan Bighorn, Wyoming, Amerika Serikat (foto: Facebook/SNS Outfitter & Guides)

Sebuah retakan besar tiba-tiba muncul di kaki bukit Pegunungan Bighorn, di Wyoming, AS. Retakan tersebut ditemukan oleh seorang pemburu pedalaman yang sedang melakukan perjalanan ke wilayah tersebut.

Menurut Mother Nature Network (MNN), Sabtu, 31 Oktober 2015, retakan yang memiliki panjang sekitar 750 yard dan lebar 50 yard itu pertama kali dilaporkan oleh halaman Facebook perusahaan pemburu, SNS Outfitter & Guides.

"Semua orang di sini menyebutnya 'luka parah.' Ini benar-benar pemandangan yang luar biasa," tulis SNS di halaman Facebook mereka.

"Sebuah contoh yang mengagumkan dari bumi kita yang tidak stabil seperti yang kalian bayangakan," kata Rendy Becker, salah satu pemburu yang melihat fenomena indah tapi menakutkan ini.

Karena lokasinya berdekatan dengan Kaldera Yellowstone yang terletak di Taman Nasional Yellowstone, sempat muncul spekulasi bahwa retakan tersebut adalah tanda meletusnya Yellowstone.

Namun SNS melaporkan bahwa seorang insinyur telah memberi penjelasan yang lebih rasional untuk menggambarkan bagimana retakan tersebut bisa terbentuk.

"Ternyata, sumber mata air panas melumasi bagian batuan. Kemudian, sebuah sumber mata air panas kecil di kedua sisi menyebabkan bagian bawah bergeser."

Retakan yang muncul di Pegunungan Bighorn sangatlah besar jika dibandingkan dengan retakan-retakan yang pernah ditemukan di berbagai belahan dunia lainnya.
X