Gula Diklaim Sebagai Racun Paling Berbahaya?

Ilustrasi (foto : hellawella.com)
Hampir semua orang menyukai minuman dan makanan manis khususnya yang mengandung gula. Gula memang sudah menjadi bahan pelengkap yang tak pernah absen dari menu setiap masakan.

Di balik manisnya gula, ternyata banyak ahli yang menyebutkan bahwa gula ternyata sangat berbahaya bagi tubuh bahkan beberapa diantaranya menyebutkan bahwa gula merupakan racun yang sangat buruk bagi tubuh.

Menurut salah seorang profesor di University of California menjelaskan bahwa gula merupakan zat beracun yang sangat berbahaya. Gula mengarah pada perkembangan sindrom metabolik yang memicu obesitas, hipertensi, diabetes dan penyakit jantung.

Salah satu zat pada gula yang memicu masalah ini adalah fruktosa. Fruktosa dapat meningkatkan toksisitas berkali-kali lipat dibandingkan dengan glukosa.

Setelah tubuh mengkonsumsi gula, gula yang memasuki aliran darah akan meningkatkan gula darah yang menyebabkan pankreas melepaskan insulin. Insulin itu sendiri memiliki fungsi untuk menjadi sumber energi.

Saat gula yang dikonsumsi berlebihan, maka produksi insulin pun lebih banyak dilepaskan. Setelah tingkat insulin dilepaskan, kadar gula darah mulai berkurang dengan cepat yang memicu masalah pada kesehatan tubuh setelah mengkonsumsi makanan manis.

Selain merubah gula menjadi energi, insulin juga merangsang penyimpanan lemak. Jadi, semakin banyak insulin yang dilepas maka semakin besar peluang terkenan obesitas.

Selain obesitas, gula juga sering dikaitkan dengan masalah kerusakan gigi, perubahan suasana hati, penurunan kekebalan sampai diabetes.

Sumber: Dari Berbagai Sumber
X