Empat 'Dosa' Saat Mandi Yang Wajib Dihindari

Ilustrasi (foto : berita24h.com)
Mandi menjadi hal wajib apalagi bagi masyarakat yang tinggal di wilayah tropis sekelas Indonesia. Mandi membuat tubuh menjadi bersih, segar dan sehat. Namun, masih ada saja 'dosa' yang tanpa disadari dilakukan saat mandi.

4. Tidak menggunakan sabun

Air saja tentu tidak dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Apalagi jika kulit telah terlapisi minyak yang membuat kotoran dan sel kulit mati menumpuk pada kulit. Saat mandi sangat diwajibkan memakai sabun karena kandungan zat dalam sabun dapat meluluhkan lapisan minyak, sel kulit mati termasuk kotoran pada kulit.

3. Terlalu lama mandi menggunakan air panas

Mandi dengan air panas memang membuat tubuh menjadi lebih rileks. Namun, air panas dapat menghilangkan minyak alami pada lapisan kulit yang membuat kulit menjadi kering. Sebaiknya gunakan air hangat suam-suam kuku serta jangan mandi terlalu lama.

2. Terlalu sering menggunakan scrub

Scrub atau lulur memang dibutuhkan untuk merontokkan kotoran dan sel kulit mati yang menempel di kulit. Namun jika terlalu sering tentu akan mengikis sedikit demi sedikit apisan kulit. Cukup gunakan scrub seminggu sekali untuk tetap merawat kelembaban kulit.

1. Kurang bersih saat membilas

Beberapa alasan memang seringkali membuat seseorang tidak bersih saat membilas sehabis mandi. Hal ini tentu slaah, karena sisa sabun yang tertinggal akan menghambat pori-pori kulit dan menimbulkan iritasi kulit seperti jerawat. Sisa sabun yang tertinggal seperti pada bagian punggung adalah salah satu penyebab jerawat pada punggung, untuk itu bilaslah dengan bersih di bagian-bagian tubuh yang sulit terjangkau.
X