Di Negara Ini, Menyontek Saat Ujian Akan Dipenjara Selama 7 Tahun

Ilustrasi mencontek (foto: jezebel.com)

Mencontek saat ujian memang tindakan yang salah. Berbagai macam cara telah dilakukan agar budaya mencontek bisa ditekan, namun tetap saja selalu ada celah untuk mencontek.

China mungkin menjadi negara pertama yang menerapkan hukuman penjara bagi pelajar yang mencontek saat ujian. Hukuman itu berlaku setelah ada amandemen pada Kode Hukum Kriminal China bagian 284 yang mulai berlaku pada 1 November mendatang.

Dilansir Shanghaiist, perubahan tersebut mengungkapkan bahwa pelajar yang melakukan segala jenis kecurangan dalam ujian akan dipenjara selama 3 tahun, dan untuk kasus yang lebih berat lagi akan diberikan hukuman 3 sampai 7 tahun penjara.

Menurut Profesor Hong Daode, seorang profesor hukum pidana di Universitas Ilmu Politik dan Hukum China, amandemen baru ini akan menjadi pencegah kuat para siswa menyontek.

Dia juga berharap dengan peraturan seketat ini akan membersihkan ujian dari segala kecurangan, meningkatkan integritas pribadi, dan membangun suasana sosial yang baik.

Kecurangan selama ujian sudah menjadi hal yang umum di China, terutama saat ujian farmasi nasional dan SAT.

Beberapa siswa bahkan telah mempekerjakan agen untuk mengambil alih ujian mereka, sementara dalam kasus yang lebih ekstrim, siswa banyak menggunakan teknologi canggih seperti alat mata-mata untuk mencontek.
X