Bukit Pasir Ini Bisa Bergerak Dan Memakan Apa Saja Di Dekatnya

The Great Dune of Pyla (foto: Dream)

Di kota Bordeaux, Prancis, terdapat sebuah gunung pasir yang dijuluki 'bukit pasir hidup'. Disebut demikian, lantaran gurun ini bisa bergerak dan memakan apa saja yang ada di dekatnya.

Seperti dilansir Dream, bukit pasir bernama The Great Dune of Pyla itu memiliki tinggi 107 meter dan bervolume 60 juta meter kubik pasir. Setiap tahunnya, bukit pasir ini bergerak sejauh 4,9 meter.

Disebut juga Gurun Sahara-nya Prancis, The Great Dune of Pyla telah menenggelamkan beberapa rumah dan vila yang ada di sekitarnya.

Dalam kurun waktu 57 tahun, gurun yang memiliki panjang 3 kilometer dan lebar 500 meter ini sudah bergerak sejauh 280 meter.

(foto: amusingplanet.com)

Walau rutin bergerak setiap tahunnya, arah pasti kemana bukit pasir ini bergerak tidak diketahui secara jelas. Semuanya bergantung pada arah mata angin dan kondisi iklim di sana.

Meski berkesan sangat menyeramkan, namun bukit pasir ini malah menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan. Dari atas bukit pasir ini dapat dilihat pemandangan Laut Mediterania dan Pegunungan Pyreness yang eksotis.
X