Bahaya Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud

Membersihkan telinga dengan cutton bud (foto: fromdoctor.com)

Telinga adalah salah satu indera yang dapat mendeteksi suara dan berperan sebagai keseimbangan posisi tubuh. Telinga sangat berperan dalam mengenal dan berkomunikasi dengan lingkungan sekitar.

Karena erat fungsinya dengan kehidupan sehari-hari, kesehatan dan kebersihan telinga tentu harus selalu dijaga. Salah satu pembersih telinga yang sudah dikenal banyak orang misalnya cotton bud.

Cotton bud dipercaya dapat membersihkan telinga dengan baik, namun faktanya ternyata berkata sebaliknya. Cutton bud malam bisa memahayakan telinga.

Dalam lubang telinga terdapat suatu lapisan kulit yang mengandung kelenjar dan mengelupas setiap harinya. Sekresi kelenjar dan pengelupasan ini dinamakan serumen yang berfungsi untuk melumasi liang telinga, melindungi dan membersihkan telinga secara alami.

Melansir Newsupdate.com, kebiasaan membersihkan telinga dengan cotton bud tentu akan membahayakan kesehatan telinga, karena saat mengorek telinga dengan cotton bud akan membuat telinga iritasi. Belum lagi jika gendang telinga tertusuk jika tak hati-hati menggunakan cotton bud.

Faktanya tanpa menggunakan cotton bud pun telinga dapat membersihkan dirinya sendiri secara alami. Proses ini terjadi saat pagi hari setiap bangun tidur dimana serumen secar normal bergerak keluar dari liang telinga dibaantu gerakan rahang saat mengunyah atau berbicara.
X