4 Fakta Menarik Tentang Si Raja Buah Durian

Buah durian (foto: allfresh.co.id)

Orang Indonesia pasti tahu buah berduri yang memiliki bau menyengat ini. Karena memiliki bentuk bulat besar, dilapisi dengan cangkang berduri tajam dan keras, banyak orang Asia yang menyebut bahwa durian adalah rajanya buah.

Meskipun bergelar raja, bukan berarti durian banyak disukai orang. Beberapa orang tidak suka dengan buah ini karena baunya yang memang menyengat, tapi tak sedikit pula yang demen makan buah ini.

Suka ataupun tidak suka, sebaiknya Anda ketahui tentang fakta-fakta menarik si raja buah ini. Berikut Wow Menariknya berhasil merangkum dari berbagai sumber fakta-fakta menarik tentang durian.

4. Asli dari Indonesia?

Banyak orang percaya bahwa buah durian asli berasal dari Indonesia. Meskipun demikian, ada pula yang percaya bahwa buah ini asli berasal dari Filipina. Dari manapun asalnya, buah durian merupakan buah asli dari Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Brunei dan Thailand.

3. Bau busuk, bukan berarti rasanya tidak enak

Walau banyak orang tidak suka dengan durian karena baunya, tapi bukan berarti daging buah ini tidak lezat lho. Bagi yang belum pernah mecicipinya, pasti akan beranggapan rasa buah durian itu sesuai reputasinya. Tapi tunggu dulu, dan coba makan satu saja daging buah durian, mungkin kamu akan merasakan kemanisan buah ini.

2. Kenapa durian bau?

Durian bisa dibilang sangat aneh karena memiliki bau yang menyengat tetapi memiliki rasa yang enak. Lantas apa yang membuat durian memiliki bau yang menyengat?

Para peneliti di Jerman melakukan penelitian terhadap buah durian. Mereka menemukan ada 50 persen senyawa dalam durian yang bertanggung jawab pada aroma bau buah tersebut. Yang mengherankan, 4 senyawa di antaranya tidak pernah ditemukan sebelumnya. Bahkan, 4 senyawa tersebut tidak ditemukan dalam benda bau lain, seperti bawang putih, bajing, atau karet yang dibakar.

Senyawa itu masih jadi misteri hingga sekarang!

1. Manfaat kesehatannya banyak juga

Si raja buah ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan meski baunya seperti kaos kaki yang tidak dicuci selama setahun. Durian memiliki nol kolestrol, sehingga cocok untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Durian juga kaya akan asam folat yang diperlukan untuk perkembangan sel-sel darah merah. Selain itu, durian juga dapat meningkatkan libido, yang cocok bagi pasangan yang bermasalah dalam kehidupan seks-nya. Satu lagi, buah durian kaya akan karbohidrat yang dapat meningkatkan energi dalam waktu singkat.
X