Ternyata, Memangku Laptop Berbahaya Bagi Tubuh

Ilustrasi memangku laptop (foto : beritaseharian.com)
Keperluan manusia akan teknologi informasi memang tak pernah ada habisnya. Terbukti, sekarang tersedia berbagai macam peralatan penunjang sistem dan teknologi informasi yang kini semakin berkembang pesat dalam untuk kebutuhan manusia.

Jika zaman dahulu untuk mengolah informasi manusia masih menggunakan komputer yang kurang efektif dan efisien, kini sudah ada laptop yang lebih mudah pengoperasian dan lebih praktis dalam membawanya. Namun, radiasi laptop ternyata sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Seperti dilansir Kesehatanpedia.com, laptop atau alat elektronik lainnya mampu menghasilkan radiasi elektromagnetik yang terbukti dapat mempengaruhi kesuburan. Hal ini terjadi karena adanya radiasi thermal ketika laptop dipangku di paha.

Selain mempengaruhi kesuburan, jika terlalu sering memangku laptop akan timbul gejala lain seperti mual, pusing, gangguan penglihatan, menurunnya daya ingat dan yang lebih parah adalah memicu pertumbuhan sel kanker yang pesat.

Untuk menghindari efek buruk dari radiasi laptop ini, ada beberapa cara untuk mencegahnya. Yang pertama adalah menggunakan filter laptop. Filter laptop akan membantu mengurangi bahaya radiasi. Kurangi kecerahan pada laptop untuk mencegah kerusakan mata, serta atur jarak antara mata dan monitor.

Berikutnya adalah hindari meletakan laptop pada bagian tubuh. Hindari memangku laptop pada paha, perut atau organ kelamin. Terutama bagi ibu hamil hal,  karena dapat mempengaruhi perkembangan janin.
X