Tak Punya Tangan, Guru SD Ini Tetap Semangat Mengajar

Jiang Shengfa saat menulis di papan tulis (foto: Shanghaiist)

Tak memiliki kedua tangan bukan hambatan bagi guru sekolah dasar asal China ini untuk tetap mengajar anak-anak didiknya. Kisah hidupnya yang inspiratif telah membuat hati banyak netizen tersentuh.

Jiang Shengfa mengajar di sebuah sekolah dasar di Provinsi Yunnan. Pria berusia 41 tahun itu tetap bertahan sebagai seorang guru meski sudah tidak memiliki tangan lagi.

Seperti dilansir Shanghaiist, kedua lengan Jiang diamputasi akibat kecelakaan listrik pada tahun 1996. Meskipun demikian, ia tak pernah putus asa menjalani kehidupannya. Dia bertekad menjadi seorang guru.

Jiang membuka buku pelajaran dengan mulutnya (foto: Shanghaiist)

Setelah insiden itu, Jiang belajar kembali cara menulis dan melakukan pekerjaan lain tanpa tangannya. Kemudian, Jiang memutuskan untuk mengejar impiannya menjadi seorang guru, menurut laporan CCTV News.

Dia pun berhasil mendapatkan posisi sebagai guru pelajar pengganti di sebuah sekolah dasar di desa asalnya, di mana ia telah tinggal selama 12 tahun lamanya.

Jiang menulis kaligrafi (foto: Shanghaiist)

Hanya dengan mengandalkan pengait pada tangannya, Jiang mampu menulis di papan tulis dengan baik. Dia juga bisa membuka buku dengan mulutnya. Tak hanya itu, dia juga menguasai seni kaligrafi dengan menggunakan teknik menulis yang sama.

Kisah hidup Jiang sempat menjadi berita utama dua tahun lalu. Dia pernah ditawari posisi mengajar dengan gaji yang lebih tinggi di sebuah lembaga di Hunan. Namun ia menolaknya, dan lebih memilih mengajar di kampung halamannya.
X