Pecinta Selfie Wajib Tahu Penemu Kamera Digital Pertama

Steven Sasson (foto: Megapixel)

Pernahkah kamu membayangkan siapa orang pertama yang menciptakan kamera digital yang sekarang sering digunakan untuk selfie? Sebelum sosial media dan juga fenomena selfie lahir di dunia ini, terdapat Steven Sasson, seorang insinyur yang menciptakan kamera digital pertama di dunia.

Kembali pada tahun 1975, Steve mendapat tugas yang sangat berat dari bosnya di Eastman Kodak Company, perusahaan tempatnya bekerja. Mungkinkah kamera dibuat menggunakan elektornik solid state, sebuah sensor elektronik yang dikenal sebagai Charge Coupled Device (CCD) yang mengumpulkan informasi optik.

Steve yang baru berusia 24 tahun ketika itu berhasil menemukan kamera dengan teknologi yang memungkinkan orang untuk mengambil foto dengan cepat dan mudah, kemudian mengirimkan ke seluruh orang di dunia dalam hitungan detik.

Kamera digital pertama (foto: fastcompany.com)

Dia berhasil menciptakan sirkuit digital baru yang dibangun dengan menggunakan panduan dari pengukuran osiloskop. Dari sirkuit digital tersebut, lahirlah sebuah prototipe yang menjadi cikal bakal kamera digital.

Pada Desember 1975, Steve dan teknisi utamanya membujuk asisten laboratorium untuk berpose. Gambar hitam-putih berhasil ditangkap pada resolusi 0,01 megapixel (10.000 pixel), hanya dalam waktu 23 detik untuk merekam ke kaset digital dan 23 detik lainnya untuk membaca dari pemutaran ke televisi.

Setelah itu, kamera digital pertama di dunia pun berhasil diciptakan. Steve dinobatkan sebagai penemu pertama kamera yang sekarang sering kita gunakan itu.

Nah, para pecinta selfie kalian harus berterima kasih pada Steve, karena penemuannya itu kalian bisa selfie seperti sekarang.
X