Minum 8 Gelas Air Sehari Picu Penyakit Ginjal?

Ilustrasi (foto : fierceforwardforlife.com)
Banyak orang berpendapat bahwa dengan minum air sebanyak delapan gelas sehari dapat membantu kerja ginjal, menurunkan berat badan dan meningkatkan konsentrasi.

Namun para ahli memperingatkan bahwa minum 8 gelas air setiap hari tidak baik kesehatan bahkan bisa sangat berbahaya.

Seorang ahli gizi mengkalim bahwa 8 gelas air atau sekitar 1,2 liter air dibutuhkan tubuh tiap hari untuk mencegah dehidrasi. Beberapa laporan ahli gizi lainnya menjelaskan bahwa bahaya dehidrasi hanyalah mitos dan belum ada bukti sama sekali bahwa air dapat mencegah beberapa masalah kesehatan.

Nasihat meminum 6-8 gelas air per hari nyatanya kini sering dibesar-besarkan oleh organisasi-organisasi tertentu terutama para pengusaha air minum kemasan.

Penelitian menunjukan bahwa minum air ketika tidak haus dapat menurunkan konsentrasi bukan malah meningkatkan konsentrasi. Dan ditemukan pula bukti-bukti yang menunjukkan bahan kimia desinfeksi pada minuman kemasan sangat membahayakan kesehatan.

Minum air berlebih juga dapat menyebabkan kurang tidur karena cenderung ingin buang air di malam hari. Dan studi lain membuktikan bahwa minum air berlebih dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal, bukan mencegahnya.

Hal yang lebih mengkhawatirkan adalah terlalu banyak minum air akan memicu kondisi fatal yang disebut hyponatraemia, yaitu kondisi menurunnya kadar garam dalam tubuh dan menyebabkan pembengkakan otak.

Sumber: Daily Mail
X