Mengintip Ketajaman Pedang Tentetsutou Yang Terbuat Dari Meteorit

Pedang Tentetsutou (foto: Chiba Institute of Technology)

Seorang pandai besi terkenal asal Jepang, Yoshindo Yoshiwara membuat sebuah katana atau pedang yang disebut Tentetsutou. Pedang ini tidak terbuat dari besi biasa melainkan dari besi meteorit yang pernah mendarat di bumi.

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Tentetsutou memiliki arti "Pedang dari Surga". Pedang menakjubkan ini terbuat dari meteorit berusia empat miliar tahun yang ditemukan di dekat Gibeon, Namibia.

Menurut Namibia 1-on-1, pada akhir tahun 1830-an, seorang penjelajah asal Inggris bernama Sir James Alexander melihat penduduk setempat Namibia menggunakan potongan batu meteorit Gibeon untuk menciptakan senjata.

(foto: Chiba Institute of Technology)

Kemudian Alexander mengirim sampel batu Gibeon yang ia dapatkan ke London untuk diteliti. Ternyata, hasil penelitian menemukan bahwa batu itu berasal dari luar angkasa.

Mengenai pembuatan pedang, Yoshiwara mengatakan, "Saya tidak pernah kompromi. Sangat mudah untuk membuat konsesi. Tapi kami mempertahankan kebanggan kami dan mendedikasikan hidup kami untuk membuat pedang."

(foto: Chiba Institue of Technology)

Kembali lagi, pedang Tentesutou sekarang berada di Skytree, menara tertinggi di Tokyo, Jepang. Menurut situs Aleph, meteorit yang jatuh Gibeon merupakan hujan meteorit terbesar yang pernah terjadi di planet bumi.
X