Mengharukan, Mahasiswa Ini Meninggal Usai Diwisuda

Icha saat diwisuda (foto: uny.ac.id/Kompas.com)

Futicha Sirrulhayati Muna atau yang akrab disapa Icha jadi bahan pembicaraan di media sosial baru-baru ini. Pasalnya, mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta itu meninggal beberapa jam setelah diwisuda.

Dikutip Kompas.com, Kamis 10 September 2015, Icha meninggal dunia beberapa jam setelah mengikuti wisuda dari tempat berkuliahnya, Program Studi Biologi FMIPA UNY, pada hari Sabtu (29/8/2015).

Kisah pilu yang dialami Icha tersebar luas di dunia maya. Banyak netizen yang terharu dengan kisah hidup Icha, apalagi kisah tersebut disertai foto terakhir dirinya saat sedang diwisuda.

Kisah mengharukan ini diumumkan oleh situs resmi UNY lewat sebuah artikel berjudul, "Icha yang Ceria Itu Telah Tiada." Menurut artikel tersebut, Icha meninggal sekitar pukul 17:00 WIB di Magelang, Jawa Tengah. Sementara itu, proses wisudanya berlangsung pada Sabtu pagi.

Saat wisuda, Icha harus menggunakan kursi roda karena memang sedang sakit. Meskipun kondisi tubuhnya sangat lemah ketika itu, tapi Icha tetap semangat di hari terbaiknya itu.

Menurut Evy Yulianti, Kepala Program Studi Biologi FMIPA UNY, sekaligus pembimbing skripsi Icha mengatakan bahwa Icha adalah sosok mahasiswi yang rajin, ceria dan bersemangat.

Evy menceritakan sewaktu bimbingan, Icha selalu ceria. Namun kesehatannya terus menurun, dan ia harus beberapa kali dirawat di rumah sakit.

Meskipun sedang sakit, Icha tetap bersemangat mengerjakan skripsinya. Ia pun berhasil menyelesaikan skripsinya hanya dalam waktu 5 bulan 8 hari. Kemudian ia mengukuti ujian akhir pada 10 Juli 2015, dan mengikuti yudisium periode Juli 2015.

Perempuan kelahiran Magelang, 30 Agustus 1993, itu mampu menyelesaikan studinya selama 4 tahun dengan meraih predikat cum laud dengan IPK 3,65.
X