Manusia Terpendek Di Dunia Meninggal Di Usia 75 Tahun

Chandra Dangi (foto: Mirror)

Chandra Dangi, pria yang mendapat julukan sebagai manusia terpendek di dunia meninggal di Samoa Amerika pada usia 75 tahun karena menderita pneumonia.

Pria asal Nepal itu hanya memiliki tinggi tubuh 21,5 inci atau sekitar setengah meter. Karena tinggi tubuhnya yang begitu pendek, ia dinobatkan sebagai manusia terpendek di muka bumi oleh Guinnes World Records, pada tahun 2012 lalu.

Seperti dilansir Mirror, Chandra meninggal du Lyndon B. Johnson Tropical Medical Center di Pago Pago, Samoa Amerika, pada Jumat pagi, (4/9/2015) waktu setempat.

Teman keluarga Chandra, Sujit Dilip, yang merupakan pemilik Rambo Circus di India, mengucapkan belasungkawa atas kepergian manusia terpendek itu.

"Hari ini, sirkus kami dibanjiri air mata karena kehilangan orang terkecil di dunia, yang kita cintai yang dipanggil Chandra Dangi," katanya.

Seorang juru bicara rumah sakit mengatakan ia meninggal karena penyakit yang dirahasikan, namun ia diyakini telah menderita pneumonia, demikian laporan seperti dilansir Kathmandu Post.

Dia sebelumnya dirawat di Nepal, tapi harus berpergian sejauh 7.500 mil menuju Samoa Amerika untuk penampilan. Sayangnya, penyakit yang dideritanya mulai memburuk dan ia harus dilarikan ke rumah sakit.

Chandra dianggap pahlawan lokal ketika ia dinobatkan sebagai pria terpendek. Karena gelar itu, ia bisa melakukan perjalanan keliling dunia dan mengirim uang ke kampung halamannya di Reemkholi, 335 mil jauhnya dari Kathmandu.

Pihak Guinness World Records juga turut berduka cita atas kepergian Chandra. Mereka mengatakan bahwa Chandra akan selalu dikenang selamanya sebagai pemegang rekor ikonik.
X