Manfaat Ajaib Dari Hangatnya Sebuah Pelukan

Ilustrasi (foto: doyouyoga.com)

Hangatnya sebuah pelukan dari orang yang dikasihi memang tak tergantikan. Selain bisa membuat Anda merasa nyaman, sebuah pelukan juga bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan lainnya.

Oleh karena itu jangan sungkan jika ada orang yang ingin mengajak Anda berpelukan, baik itu ibu, ayah, teman, atau kekasih.

Langsung saja, berikut beberapa manfaat ajaib dari hangatnya sebuah pelukan, yang Wow Menariknya kutip dari Daherba.

3. Menurunkan tekanan darah

Ketika Anda menerima pelukan, Anda akan melepaskan hormon oksitosin yang akan membuat Anda merasa hangat. Selain itu, hormon ini akan mengaktifkan reseptor tekanan yang disebut sel-sel pacinian. Sinyal sentuhan itu kemudian dikirim menuju saraf vagus, bagian otak yang bertanggung jawab untuk menurunkan tekanan darah.

2. Menyehatkan jantung

Dalam suatu penelitian yang dilakukan di University of North Carolina, menemukan bahwa peserta yang tidak memeluk pasangannya detak jantungnya berdebar lebih cepat, dibandingkan dengan mereka yang memeluk pasangannya. Oleh sebab itu hangatnya sebuah pelukan dapat menyehatkan jantung Anda.

1. Pelepas stres alami

Ketika memeluk seseorang, Anda akan menurunkan sejumlah hormon kortisol yang merupakan penyebab stres. Eratnya suatu pelukan juga akan mengirimkan sinyal ketenangan menuju otak, sehingga stres bisa diantisipasi.
X