Jangan Dianggap Sepele, Ini Bahaya Memakai Sepatu Terlalu Pas

Ilustrasi (foto : magazine.foxnews.com)
Sepatu yang nyaman dan pas memang menjadi nilai tambah dalam penampilan. Namun sepatu yang terlalu pas atau ketat sangatlah tidak sehat karena berbagai alasan. Sepatu yang terlalu pas menjadi pemicu terjadi masalah pada jari-jari kaki dan pergelangan kaki.

Jari-jari kaki diibaratkan seperti potongan puzzle. Jika jari-jari kaki tidak cocok dengan potongan puzzle lainnya atau dengan kata lain jari kaki yang satu tidak lurus seperti jari kaki lainnya, kemungkinan ini adalah akibat terlalu sering memakai sepatu terlalu ketat. Bukan hanya sepatu, kaos kaki dan stocking yang terlalu ketat pun akan memberi tekanan pada kaki.

Jari-jari kaki melakukan tugas-tugas penting untuk keseimbangan, berjalan, melompat atau bergerak cepat. Ketika ada masalah pada jari-jari kaki karena sepatu terlalu ketat hal ini akan mempengaruhi aliran darah pada kaki dan pergelangan kaki. 

Harus ada ruang diantara masing-masing jari kaki, dan masing-masing jari kaki harus mengarah lurus ke depan bukan mengarah ke kanan atau kiri.

Pemisah jari kaki sangat diperlukan untuk mencegah hal-hal tersebut terjadi. Setelah memakai sepatu, biasakan untuk melakukan peregangan menggunakan jari tangan dengan cara meletakan jari tangan di sela-sela jari kaki secara lembut.

Pemisah lembut yang biasanya terbuat dari busa juga sangat dianjurkan untuk digunakan saat tidur. Hal ini membuat jar-jari kaki menjadi rileks. 

 Sumber: Healthline.com
X