Ini Foto-Foto Ibadah Haji Tahun 1953

Ka'bah pada tahun 1953

Ibadah haji zaman dulu dengan zaman sekarang tentunya berbeda. Bukan dari tata cara pelaksanaannya, tetapi dilihat dari suasananya, di mana kemajuan teknologi membawa perbedaan antara masa lalu dan masa kini..

Sarana transportasi yang digunakan pun tentunya berbeda dengan yang sekarang. Dulu, banyak peziarah yang melakukan perjalanan ke Mekkah menggunakan jalur laut. Selain itu, bangunan-bangunan yang ada di sekitar Ka'bah juga tidak semegah seperti sekarang.


Foto-foto ini akan menunjukkan seperti apa ibadah haji pada tahun 1953, atau sekitar 60 tahun yang lalu. Dibandingkan dengan yang sekarang, para calon haji dulu tidak perlu berdesak-desakan karena masih relatif kecil.


Kebanyakan jamaah haji lebih memilih menggunakan kapal laut untuk pergi ke Mekkah. Namun bagi mereka yang lebih mampu, mereka akan menggunakan pesawat berukuran kecil, karena dulu penerbangan internasional masih dalam tahap awal.


Bus yang digunakan untuk mengangkut jamaah haji pun juga berbeda. Karena jumlahnya yang sedikit, para jamaah harus berdesak-desakan hingga harus naik di atap bus.

Ka'bah dan daerah Mataf tidak ada lantai di bawahnya. Jumlah jamaah haji juga sangat renggang, jadi mereka tidak harus saling berdesakan.


Foto di atas menunjukkan kondisi pasar dan warung dekat Masjid Al Haram saat itu. Para peternak akan menjaga ternaknya selama mereka menunaikan ibadah haji.


Para jamaah bisa membangun tenda untuk beristirahat dekat gunung Arafah. Mereka juga harus menjaga tubuh agar tidak kepanasan dengan minum es soda yang tentunya cukup sulit didapatkan ketika itu.

Sumber & Photo Credit: Tribunnews.com/National Geographic Magazine
X