Hindari Perang, Bocah Suriah Ditemukan Tewas Terdampar Di Pantai

Tim evakuasi membawa jasad bocah pengungsi Suriah (foto: Reuters)

Perang memang membawa kesedihan kepada siapa saja yang terlibat. Orang-orang tak bersalah seperti anak-anak jadi korban kekejaman perang. Seperti yang dialami bocah malang ini yang tewas terdampar di pantai untuk menghindari perang dari negara asalnya di Suriah.

Balita yang baru berusia 3 tahun itu ditemukan terdampar di pantai Turki dengan posisi tengkurap. Anak itu adalah salah satu dari 20 pengungsi Suriah yang gagal bermigrasi ke Yunani melalui Laut Mediterania untuk menghindari perang.

Para pengungsi Suriah itu gagal bermigrasi lantaran kapal yang mereka tumpangi terbalik saat melintasi lautan. Menurut laporan beberapa sumber, dari 20 penumpang ada 12 orang yang meninggal dalam insiden memilukan ini termasuk bocah itu.

Tak hanya bocah berusia tiga tahun itu yang jadi korban tewas, kakanya yang baru berusia lima tahun juga ikut tewas dengan posisi tergeletak di pantai. Mereka berdua ditemukan sudah tak bernyawa saat tim evakuasi sampai di lokasi kejadian.

(foto: Reuters)

Foto evakuasi bocah naas itu telah memicu kemarahan masyarakat internasional. Mereka menyalahkan para pemimpin negara-negara Eropa yang menolak menampung pengungsi Suriah.

Salah satunya mantan sekertaris Menteri Luar Negeri Inggris, Yvette Cooper, yang menyebut insiden para pengungsi Suriah itu sebagai tragedi memilukan. Dia juga mendesak pemerintah Inggris untuk mengizinkan para pengungsi Suriah masuk ke Inggris.

Sayangnya permohonan itu ditolak oleh Perdana Menteri Inggris, David Cameron, yang bersikeras dengan mengevakuasi ribuan pengungsi Suriah tidak akan menyelesaikan masalah perang di negara tersebut.
X