Foto Gadis Kecil Mengerjakan PR Di Pinggir Jalan Bikin Netizen Tersentuh

Gadis cilik belajar di pinggir jalan (foto: Mirror.co.uk)

Masih banyak anak yang belum mendapatkan tempat yang layak untuk belajar. Seperti yang dialami gadis kecil ini ketika tertangkap kamera sedang mengerjakan pekerjaam rumah (PR) di pinggir jalan.

Foto menyentuh hati itu dilaporkan diambil di jalanan di Filipina. Dalam foto tersebut, seorang gadis cilik terlihat sedang duduk di atas sebuah tabung di pinggir jalan sambil sibuk mengerjakan pekerjaan rumah. Banyak netizen yang tersentuh dengan keinginan gadis itu untuk belajar di tengah-tengah kemiskinan.

Lebih dari 12.000 orang telah menyukai gambar ini sejak diunggah ke Facebook oleh seorang pria bernama James Co, demikian seperti dilansir Mirror.co.uk, Kamis, 24 September 2015.

Menurut berita lokal, gadis tersebut diketahui bernama Jenalyn bersama temannya Cielo Gonzales sedang mengerjakan pekerjaan rumah mereka di pinggir jalan.

(foto: Mirror.co.uk)

Banyak netizen yang memberikan pujian kepada dua bocah tersebut. Salah satunya pengguna bernama Eyra San, "Saya menghargai tekad anak ini untuk belajar. Saya berharap seseorang bisa membantunya untuk mengerjakan pelajarannya, sebuah organiasi atau yayasan. Tuhan memberkatinya," katanya.

"Ini menunjukkan seorang anak ingin belajar meskipun kemiskinan. Ada seseorang ingin mendapatkan sesuatu dari orang lain," kata pengguna lain.

Beberapa netizen menyalahkan sistem pendidikan yang membuat anak-anak miskin tidak bisa mendapatkan pendidikan yang layak. "Apa gunanya Departemen Pendidikan? Apa poin yang mereka dapatkan di negara ini? Apa layanan yang mereka tawarkan?" ujar pengguna bernama Jojo Vicente.


Sebelumnya, seorang anak laki-laki bernama Daniel Cabrera juga melakukan hal yang sama seperti dilakukan dua gadis tersebut, di mana bocah laki-laki itu belajar di bawah penerangan lampu McDonald smabil mengerjakan tugas.

Karena kegigihannya dalam belajar, Daniel ditawari beasiswa oleh pemerintah setempat untuk menempuh pendidikan sampai bangku kuliah.
X