Empat Kota Besar Di Indonesia Yang Bebas Macet

Jalanan di Kupang (foto: john-lana.com)

Kota-kota besar di Indonesia sangat identik dengan macet. Misalnya saja ibukota Jakarta yang tak pernah lengang walaupun hanya satu hari, kemudian ada Bandung yang mengalami hal serupa dengan Jakarta.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi kemacetan, namun hasilnya tetap saja nihil. Banyaknya pengguna kendaraan pribadi dan sedikitnya pengguna transportasi umum menjadi penyebab kemacetan di beberapa kota besar di Indonesia.

Meskipun banyak anggapan kota-kota besar di Indonesia itu identik dengan macet, namun nyatanya ada beberapa kota besar di tanah air yang bebas macet. Seperti dilansir Wow Menariknya dari Detik, berikut empat kota besar di Indonesia yang bebas macet.

4. Kupang, NTT

(foto: attraveling.wrodpress.com)

Kupang merupakan salah satu kota besar di Nusa Tenggara Timur (NTT). Walaupun begitu, kota ini bebas macet dan lebih banyak wilayah hijaunya. Selain itu, kota ini juga menarik banyak wisatawan karena memiliki bandara besar El Tari Kupang.

3. Jayapura, Papua

(foto: detik.com)

Di Kota Jayapura, Provinsi Papua, jalanan cenderung terlihat sepi dengan kendaraan meskipun jalan raya di kota ini cukup besar. Karena jumlah kendaraan yang relatif sedikit, sampai di tempat tujuan saja tidak akan memakan waktu yang lama.

2. Banjarmasin, Kalimantan Selatan

(foto: hasanzainuddin.wordpress.com)

Selanjutnya ada ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin yang juga ramai dikunjungi wisatawan. Lebih dari itu, Banjarmasih merupakan kota besar yang bebas macet, tidak seperti tetangganya Banjarbaru yang selalu macet.

1. Balikpapan, Kalimantan Timur

(foto: postimg.org)

Dengan hadirnya Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan menjadi kota yang sangat ramai. Meskipun demikian, jalanan di Balikpapan cukup lengang dilewati kendaraan. Jalan rayanya juga masih terbilang lancar dan bebas macet.
X