Bukan Film, Mobil Ini Bisa Terbang Bak Helikopter

Mobil terbang (foto: YouTube)

Bila mobil terbang hanya ada dalam film saja, maka sekarang mobil terbang benar-benar nyata dan memang ada. Keajaiban ini dibuktikan di Pameran Helikopter yang diselenggarakan di Tianjin, China, pada Minggu ini.

Kendaraan yang memiliki bobot 100 kg ini memang terlihat seperti mobil sport, tetapi dengan menekan sebuah tombol khusus, beberapa set sayap akan meregang dari sisi kendaraan. Dengan begitu, mobil ini bisa terbang secara vertikal sama halnya dengan helikopter.

Menurut Hong Xiao, kepala kantor helikopter dari Aviation Industry Corporation of China (AVIC), mengatakan mobil terbang ini dikembangkan untuk menghindari jalanan yang rusak atau diblokir.

"Ketika Anda mengemudi ke arah jalan rusak, atau menghadapi selokan, Anda dapat menekan sebuah tombol untuk mengangkat mobil," kata Hong kepada CCTV.

"Itu kemudian akan terbang di atas hambatan dan mencapai sisi jalan yang lain," tambahnya.

Hong juga menambahkan bahwa mobil super canggih ini akan menarik kembali sayapnya setelah mendarat dan kembali ke mode mobil biasa.

Sejauh ini, para pengembang mobil ini berhasil melakukan tes penerbangan tanpa awak. Sekarang mereka sedang bekerja keras untuk menciptakan model mobil yang bisa ditumpangi manusia.

(foto: Shanghaiist)

Setelah mobil terbang ini berhasil disempurnakan, kendaraan ini diharapkan dapat digunakan dalam patroli militer dan mungkin bisa digunakan secara komersial.

"Rencana kami berikutnya adalah membuat satu (mobil) dengan berat sekitar dua sampai tiga ton dalam waktu dua tahun," kata Hong.

Para pengguna Weibo, micro-blogging terbesar di China, dibuat terkagum-kagum dengan demonstrasi mobil terbang ini ketika kendaraan roda empat itu benar-benar bisa terbang di atas langit layaknya helikopter.

Pameran Helikopter China rencananya akan dibuka pada hari Rabu (16/9) mendatang dan akan berlangsung sampai hari Minggu (20/9). Selama pameran ini, lebih dari 50 helikopter akan dipajang dengan lebih dari 350 perusahaan global yang ikut berpartisipasi dalam pameran tersebut.

X