Beberapa Kesalahan Saat Cuci Muka Yang Wajib Dihindari

Ilustrasi (foto : contourderm.com)
Mencuci wajah menjadi hal yang wajib dilakukan untuk menjaga wajah agar tetap bersih. Dengan mencuci wajah, kotoran dari sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit wajah akan terangkat. Mencuci wajah juga menjadi langkah awal jika ingin mendapatkan wajah yang cerah dan berseri.

Tapi, mencuci wajah bukan sekedar mencuci. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencuci wajah agar hasilnya pun maksimal. Jika dilakukan tidak benar, bukannya membersihkan wajah, tapi malah memperburuk keadaan.

Berikut dilansir dari berbagai sumber, beberapa kesalahan saat cuci muka yang wajib kamu hindari. Sebaiknya segera perbaiki kesalahan ini jika Anda sering melakukannya.

1. Memilih produk yang salah

Produk pencuci muka yang baik adalah yang dapat membersihkan kotoran, sisa tata rias dan sel kulit mati pada wajah. Jika salah memilih produk, bukan cantik yang didapat tapi malah kulit terkena iritasi.

2. Terlalu sering mencuci muka

Terlalu sering mencuci muka ternyata menyebabkan kulit menjadi lebih cepat berminyak. Jika wajah tak terlalu berkeringat sebaiknya cukup bilas dengan air tanpa menggunakan sabun.

3. Suhu air yang salah

Pori-pori kulit tidak memilki otot untuk membuka atau menutup saat terkena air panas atau air dingin. Karena itu mencuci muka dengan air dingin atau hangat sama saja, tapi disarankan untuk menggunakan air dengan suhu normal.

4. Pembilasan tidak bersih

Sisa sabun, kotoran dan sel kulit mati pada kulit akan menyumbat pori-pori dan membuat kulit kering. Bukan hanya itu, kulit menjadi kusam dan memicu masalah kulit lain seperti jerawat dan komedo.

5. Menggosok wajah dengan handuk

Menggosok muka setelah mencucinya memang sudah menjadi kebiasaan yang tak bisa ditinggalkan. Ternyata menggosok muka dengan handuk dapat menarik kulit, disarankan untuk menepuk dengan lembut dan gunakan handuk yang terpisah dengan handuk tubuh.
X