Bahaya, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Setelah Makan

Ilustrasi (foto : healthline.com)
Makan merupakan kebutuhan pokok manusia. Dengan mencerna makanan, zat-zat penting dalam makanan akan mengganti energi yang hilang dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Meskipun mengkonsumsi makanan menjadi suatu kebiasaan yang melekat pada manusia, masih ada saja kesalahan-kesalahan yang masih dilakukan setelah makan. Banyak orang yang tak menyadari kesalahan tersebut dan menganggapnya sepele.

Berikut dilansir dari The Crazy Facts, kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan setelah makan. Salah satunya pasti sering Anda lakukan.

5. Merokok

Rokok memberikan efek buruk bagi tubuh, apalagi setelah makan. Rokok mengandung lebih dari 60% zat penyebab kanker. Jadi, merokok sangat berbahaya bagi kerja tubuh baik dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.


4.   Makan buah

Bannyak orang berpendapat bahwa buah-buahan sangat baik sebagai makanan penutup atau pencuci mulut. Buah-buahan membutuhkan waktu 20 menit untuk sampai ke usus. Hal ini termasuk cepat diabandingkan makanan berat lainnya, namun jika buah dikonsumsi setelah makan, buah tersebut akan bercampur dengan makanan, mebusuk dan akhirnya merusak nutrisi dalam makanan.


3. Mandi

Tunggulah 30 menit setelah makan jika ingin pergi mandi. Proses pencernaan membutuhkan banyak energi dan aliran darah dalam tubuh. Tapi saat mandi air hangat, darah mengalir ke kulit untuk melepas panas sehingga membuatnya sulit untuk mencerna makanan.


2. Jalan-jalan

Berjalan setelah makan akan memberikan refluks asam dan gangguan pencernaan yang serius. Jika ingin berjalan-jalan setelah makan, tunggulah minimal 30 menit setelah makan dan baru Anda bisa berjalan-jalan.


1. Tidur

Ketika berbaring, banyak cairan hasil proses pencernaan mengalir ke arah berlawanan, hal ini dapat menyebabkan korosi lapisan dalam. Saat tubuh merasa panas atau terbakar ketika berbaring, itulah tanda korosi pipa aliran hasil pencernaan. Lakukanlah kegiatan lain selain tidur, misalnya menonton atau mengobrol.
X