Aneh, 6 Burung Ini Tidak Tahu Caranya Terbang

Burung Weka (foto: MNN)

Kita semua tahu burung itu terbang, tapi tak semua burung bisa terbang lho. Ada beberapa spesies burung yang tidak tahu bagaimana caranya terbang, padahal sama-sama memliki sayap.

Entah apa alasan burung-burung ini tidak mau terbang, tetapi yang jelas burung-burung ini ogah mengangkat kakinya dari tanah, dan menolak tinggal di langit. Mungkin saja nenek moyangnya dulu tidak mengajarinya cara terbang.

Seperti dilansir Mother Nature Network (MNN), berikut beberapa spesies burung yang tidak tahu bagaimana caranya terbang.

6. Kakapo

(foto: MNN)

Kakapo merupakan spesies burung beo dari Selandia Baru. Namun kakapo berbeda dengan burung beo lainnya yang pandai berbicara, dan tentunya bisa terbang. Kakapo merupakan jenis burung beo terberat di dunia yang membuatnya tidak bisa terbang.

Sayangnya burung ini nyaris punah, terdapat sekitar 126 ekor burung kakapo yang diketahui masih hidup di muka bumi ini.

5. Guam rail

(foto: MNN)

Pada tahun 1960, populasi burung ini begitu melimpah di Pulau Guam, tetapi menurun drastis karena ada ular pohon coklat yang menjadi predator burung ini.

Satu-satunya alasan kenapa burung ini selalu kalah oleh predatornya dikarenakan burung ini tidak bisa melarikan diri dengan cara terbang. Pada tahun 1980-an, burung ini dinyatakan punah di alam liar.

4. Kasuari

(foto: MNN)

Ada tiga spesies kasuari, di antaranya kasuari selatan, kasuari utara, dan kasuari kerdil, yang semuanya asli dari New Guinea dan Australia.

Burung-burung ini adalah burung terberat kedua di dunia, di mana posisi pertama dipegang oleh burung unta. Mereka memiliki cakar pada kaki mereka yang dapat tumbuh hingga 5 inci dan dapat berlari dengan cepat hingga 31 mil per jam. Sayangnya, burung ini tidak bisa terbang karena kondisi badannya yang berat itu.

3. Weka

(foto: MNN)

Menurut Departemen Konservasi di Selandia Baru, burung weka terkenal sangat besar dengan tubuh berwarna coklat yang memiliki kepribadian penuh keingintahuan. Sama halnya dengan rakun, weka terkenal suka mencuri makanan dan benda-benda kecil lainnya.

Spesies burung ini tergolong burung yang terancam punah dengan ancaman yang berbeda-beda. Sayangnya, rasa keingintahuannya tidak membuatnya bisa terbang.

2. Nativehen Tasmania

(foto: MNN)

Spesies burung yang satu ini lebih menyerupai ayam, dan juga sama-sama tidak bisa terbang. Berbeda dengan burung yang tidak bisa terbang lainnya yang terancam punah, burung ini tumbuh subur seperti rakun.

Walaupun tidak bisa terbang, tapi jangan anggap remeh kemampuan berlari burung ini. Nativehen Tasmania terkenal bisa berlari hingga 30 mil per jam.

1. Takahe

(foto: MNN)

Takahe ditemukan di Seladia Baru. Spesies ini pernah dinyatakan punah selama beberapa waktu, tetapi burung ini kembali ditemukan pada tahun 1948. Bagaimanapun, burung ini tetap terancam punah dengan populasi yang hanya mencapai 300 ekor di seluruh dunia.

Burung dengan berat badan 5 sampai 6 pound ini benar-benar tidak bisa terbang. Mereka biasanya setia pada satu pasangan selama hidupnya.
X