5 Pohon Yang Dipercaya Sebagai Sarangnya Makhluk Gaib

Pohon beringin (foto: ceritamu.com)

Manusia dan makhluk gaib itu hidup saling berdampingan. Hanya saja makhluk gaib secara umum tidak bisa dilihat oleh kasat mata, hanya orang tertentu saja yang bisa melihatnya.

Banyak muncul cerita mitos tentang makhluk gaib di kalangan masyarakat  yang menyebut bahwa makhluk gaib itu mempunyai tempat tinggal tertentu sebagai rumahnya. Salah satu lokasi yang diyakini menjadi tempat favorit makhluk halus adalah pohon.

Banyak masyarakat yang mempercayai jika beberapa jenis pohon tertentu diyakini menjadi tempat tinggal atau sarangnya makhluk gaib, apalagi jika pohon-pohon tersebut diketahui sudah berusia puluhan tahun atau bahkan ratusan tahun, maka kerap disebut sebagai pohon keramat.

Pohon-pohon apa saja yang diyakini sebagai mitos sarangnya makhluk gaib? Berikut beberapa pohon yang menjadi sarangnya makhluk gaib yang telah Wow Menariknya rangkum untuk Anda

5. Pohon Beringin

(foto: sembilandunia.com)

Banyak orang yang mengaku sering melihat makhluk gaib muncul di atas pohon beringin. Secara teknis, pohon yang sering dijumpai di pinggir-pinggir jalan ini memang berkesan memilki bentuk dan aura yang menyeramkan.

Konon, pohon beringin merupakan tempat kesukaan makhluk gaib seperti genderewo, terutama pohon beringin yang sudah tua dan memiliki janggut atau akar yang menggantung. Menurut cerita rakyat yang berderar, jika ada yang mematahkan janggut beringin dan kebetulan beringinnya dihuni oleh genderewo maka orang tersebut dipercaya akan jatuh sakit dan harus segera diobati oleh orang pintar.

4. Pohon Randu

(foto: pbase.com)

Pohon yang masih banyak ditemukan di pedesaaan ini mempunyai ciri yang sangat khas karena terdapat duri-duri di sekujur batangnya. Pohon randu dikenal juga sebagai pohon kapuk karena memang buahnya sering dimanfaatkan masyrakat untuk dibuat menjadi bantal atau kasur.

Namun di balik semua itu, pohon kapuk dipercaya sebagai tempat favorit makhluk halus. Kemunculan sosok wanita berbaju putih yang sedang duduk di batang pohon randu kerap menjadi perbincangan di masyakat.

3. Pohon Pisang

(foto: sarungpreuneur.com)

Kita dapat dengan mudah menjumpai tanaman ini, terutama bagi mereka yang tinggal di pedesaan. Selain buahnya yang sangat enak dan kaya akan manfaat, ternyata pohon pisang juga merupakan tempat paling disukai makhluk gaib, terutama pohon pisang yang bentuknya bergerombol.

Konon, banyak orang yang sering meilihat kemunculan sosok berwarna putih yang diikat atau pocong, selain itu sosok wanita berbaju putih juga kerap terlihat di sekitar pohon ini.

2. Pohon Bambu

(foto: duniaklenik.com)

Banyak mitos yang beredar di masyarakat yang menyebut jika disuatu lokasi banyak terdapat pohon bambu, maka di sekitar lokasi tersebut banyak makhluk halus yang bersemayang. Pohon ini juga sering disebut sebagai pohon sarangnya hantu, apalagi jika pohon tersebut terletak di areal pemakamaan atau ditempat-tempat yang dianggap keramat.

Dari segi tampilan saja, pohon bambu memang memiliki kesan angker, pohon ini tumbuh bergerombol dan sangat rimbun. Sifat pohon seperti inilah yang membuat masyarakt semakin yakin jika para makhluk halus sangat menyukai pohon bambu.

1. Pohon Sukun

(foto: satuislam.org)

Pohon yang dikenal karena kelezatan buahnya ini juga sering disebut sebagai tempat singgahnya makhluk halus. Konon, makhluk gaib yang sering mendiami pohon ini adalah sosok hantu yang terbungkus kain putih yang diikat atau pocong.

Itulah beberapa pohon yang dipercaya sebagai tempat tinggal makhluk halus. Percaya atau tidak dengan mitos-mitos di atas, kita sebagai manusia sudah seharusnya percaya bahwa makhluk halus itu ada di sekeliling kita.
X