5 Penyakit Yang Dapat Terlihat Dari Wajah

Ilustrasi wajah (foto: ithappensinindia.com)

Anggota tubuh kita bisa menceritakan banyak hal tentang penyakit yang kita derita, salah satunya wajah. Hanya dengan melihat wajah, sebenarnya kita bisa tahu apakah kita sedang terkena penyakit atau tidak.

Orang yang memiliki wajah yang ceria dan bersinar cenderung memiliki kondisi tubuh yang sehat dan bugar, tetapi lain lagi ceritanya dengan orang yang memiliki wajah lesu atau tidak enak dipandang mata. Mungkin saja orang itu sedang terkena penyakit parah.

Nah, oleh sebab itu Anda harus waspada jika ada sesuatu yang aneh pada wajah Anda, bisa saja itu adalah tanda penyakit mematikan. Dilansir dari CNN Indonesia, berikut beberapa penyakit yang bisa kita lihat dari wajah.

5. Bercak Kuning

Bila terdapat bercak kuning di sekitar mata, hidung dan mulut, bisa jadi Anda memiliki kadar kolestrol yang tinggi. Tanda ini biasanya mulai muncul pada pria dan wanita yang telah berumur 40 tahun atau lebih.

Selain kadar kolestrol yang tinggi, munculnya bercak kekuningan ini bisa juga disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada sistem metabolisme dalam metabolisme lemak dalam darah. Hal itu diungkapkan oleh dokter Elma Starlit, spesialis kulit dari Australia.

Untuk mengatasi gejala ini Anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak dan leamk. Kurangi asupan daging merah, makanan yang mengadung kandungan rasa manis yang tinggi dan makanan yang melalui proses penggorengan karena kandungan minyaknya yang banyak.

4. Kulit Pucat

Waspadalah bila Anda mengalami penampilan wajah memucat dan kulit Anda berubah warnanya menjadi menguning. Itu artinya Anda mengidap anemia, di mana kondisi sel darah merah atau hemoglophin atau protein pembawa oksigen sel darah merah berada di bawah normal.

Bagi mereka yang mengalami anemia biasanya tubuh akan kekurangan oksigen yang biasanya menghasilkan energi bagi tubuh kita sehingga kita akan mudah lelah, pucat, gelisah dan terkadang sesak nafas, dan juga disertai tanda warna pucat di beberapa bagian tubuh seperti lidah dan kelopak mata.

Untuk menghindari anemia, Anda harus mengonsumsi daging merah yang mengandung zat besi dan bagi Anda yang tidak menyukai daging tak perlu khawatir karena di dalam sayuran juga terdapat zat besi. Anda dapat menemukannya dalam kacang-kacangan, kedelai, dan segala sayuran hijau.

3. Bibir Pecah-Pecah

Apa yang terjadi bila bibir Anda terlihat pecah-pecah di bagian sudut bibir Anda? Waspadalah karena itu artinya Anda mengalami gejala penyakit diabetes. Faktor cuaca dan kekurangan vitamin C bisa menjadi faktor utama pemicu penyakit ini. Tak hanya itu, jamur yang menyerang mulut disebabkan oleh tingkat gula darah yang tinggi sehingga permasalahan pada ginjal Anda juga bisa terjadi.

Bukan saja karena kekurang vitamin C, bisa jadi juga Anda kekurangan vitamin B. Kekurangan vitamin B biasanya terjadi bagi mereka yang hanya memakan sayuran dan menghindari makanan dari produk susu , telur, daging tanpa lemak dan ikan.

2. Jerawat di Dagu

Bagi Anda yang mempunyai jerawat di dagu berarti ada masalah dalam hormon Anda. Bila pada wajah Anda khususnya di bagian dagu terdapat jerawat dan bintik-bintik maka Anda telah mengalami gejala penyakit ketidakseimbangan hormon.

Biasanya yang mengalami hal ini terjadi pada kaum wanita. Wanita yang mengalami jerawat di bagian dagu berarti ia tengah mengalami siklus haid. Namun, jika jerawat yang timbul bukan karena siklus haid, hal ini menunjukan adanya gangguan endogren seperti sindrom ovarium polikistik atau terdapat kisata-kista kecil di sekeliling tepi ovarium. Sangat di sarankan bagi penderita penyakit ini untuk menjalankan pemeriksaan pada dokter dan melakukan perawatan secara intensif.

1. Kulit Keriput

Kulit keriput dan kendur yang terlihat pada wajah biasanya terjadi karena pola hidup yang tidak sehat. Hal ini juga biasa terjadi pada pria dan wanita perkotaan. Lantas apa saja gaya hidup atau tren yang membuat wajah keriput dan kendur?

Merokok adalah faktor utama yang membuat hal ini terjadi pada wajah Anda, karena merokok dapat mebuat semua lapisan dalam kulit menjadi buruk. Asap rokok dapat merusak kolagen elastin yang berfungsi mengencangkan kulit, sehingga usia otot dan tulang di bawah kulit akan menyusut dan menyebabkan kulit wajah Anda menjadi kendur.

Bukan hanya karena rokok, pola tidur yang kurang teratur dan mengonsumsi kopi secara berlebihan juga dapat menjadi pemicunya.
X