5 Alat Musik Buatan Indonesia Yang Mendunia

Gitar Rick Hanes (foto: rickhanesguitars.com)

Kita terkadang suka gengsi dengan membeli produk negeri kita sendiri, padahal sebagai warga negara Indonesia kita sudah seharusnya mencintai produk dalam negeri.

Mungkin karena kualitsnya yang dianggap kurang baik, banyak orang yang enggan menggunakan produk tanah air. Tapi jangan main hakim dulu, buktinya banyak produk Indonesia yang benderanya sudah berkibar di dunia internasional.

Seperti beberapa prudsen alat musik asal Indonesia ini yang sukses membuat produknya diakui negara-negara lain. Dikutip dari Brilion.net, berikut ada beberapa alat musik buatan anak bangsa yang sukses mendunia.

5. Kyre Drums

(foto: brilio.net)

Drum merek Kyre ini sudah sukses dijual sampai ke mancanegara. Perusahaan yang berpusat di Jakarta ini memproduksi drum set, cajon, sampai drums kidset. Grup band terkenal seperti Nidji dan Bondan Feat 2 Black juga menggunakan drum produk anak bangsa ini.

4. Hawaiian Ukulele Pelem Ukulele

(foto: brilio.net)

Ukulele khas Hawai ini juga ada yang memproduksinya di Indonesia, salah satunya Hawaiian Ukulele dari Pelem Ukulele yang dasar pembuatannya adalah menggunakan tangan.

Ukulele Hawaii diproduksi dengan bahan nomor satu dan kayu pilihan, sehingga tak heran jika rumah produksi ukulele yang bermarkas di Yogyakarta ini telah membuat ukulele yang sangat berkulitas. Musisi luar negeri seperti Francesco Albertazzi dari Italia adalah salah satu yang menggunakan produk ini.

3. Alat Musik Perkusi Sentana Art

(foto: brilio.net)

Brand Sentana Art adalah brand yang memproduksi beberapa alat musik perkusi ataupun elektrik. Alat musik buatan mereka di antaranya gitar, biola, drum ataupun alat perkusi lainnya.

Musisi tanah air seperti Titi Rajo Bintang dan Gilang Ramadhan adalah langganan brand asal Solo itu. Selain dipesan oleh artis, alat musik Sentana Art juga pernah terlibat dalam pembuatan soundtrack film Laskar Pelangi. Tak hanya itu, alat musik mereka juga banyak dipesan khusus untuk konser di luar negeri.

2. Gitar Radix

(foto: brilio.net)

Gitar dengan merek Radix pasti sudah bukan hal asing lagi di Indonesia. Gitar Radix diproduksi di Tangerang dan sudah terjual sampai ke negara-negara Eropa. Terbukti, 50 persen dari seluruh alat musik mereka dipasarkan di Eropa dan negara-negara lainnya.

1. Gitar Rick Hanes

(foto: brilio.net)

Gitar dengan merek Rick Hanes dijual pertama kali pada tahun 2012 dan langsung diterima di pasar industri musik Amerika Serikat. Bahkan, gitar buatan Sidoarjo ini dengan cepat bisa menyisihkan gitar-gitar merek internasional, seperti Fender dan Ibanez.

Pada tahun 2012, Rick Hanes berhasil mendapat penghargaan sebagai "Guitar of The Year 2012" oleh website Guitar Planet. Kemudian pada bulan Juli 2015, gitar double neck Balawan, salah satu koleksi Rick Hanes, menjadi ikon di Hard Rock Cafe di Bali
X