4 Teori Tentang Bagaimana Bulan Terbentuk

Bulan (foto: Wikipedia)

Bulan memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan di dalam planet bumi. Tetapi, bulan juga menyimpan banyak misteri yang masih belum terungkap, termasuk tentang cara pembentukannya.

Galileo adalah ilmuwan pertama yang menunjukkan bahwa bulan memiliki lanskap yang mirip dengan bumi. Seiirng berjalannya waktu, ilmuwan lain telah berusaha mengemukakan berbagai teori tentang bagaimana bulan terbentuk.

Seperti dilansir Mother Nature Network (MNN), ada beberapa teori yang menjelaskan bagaimana bulan terbentuk. Berikut Wow Menariknya sajikan ulasannya untuk Anda.

1. Teori Fisi

Pada tahun 1800-an, George Darwin, putra dari Charles Darwin, menduga bahwa bulan tampak begitu mirip dengan planet bumi pada beberapa titik. Karena berputar terlalu cepat, mungkin bagian dari planet Bumi bisa saja bergeser dari jalurnya, tetapi karena ada bulan, Bumi bisa tetap berada pada porosnya.

Teori fisi ini mengandaikan bahwa Samudera Pasifik mungkin menjadi salah satu sumber material pembentukan bulan yang datang langsung dari bumi. Namun, setelah batu bulan dianalisis, rupanya batu bulan di sana berbeda dengan yang ada di Samudera Pasifik. Singkatnya, Samudera Pasifik terlalu muda untuk menjadi sumber bulan.

2. Teori Menangkap

Teori ini menyebutkan bahwa bulan datang dari tempat lain di galaksi Bima Sakti. Ketika berpergian melewati bumi, bulan tertarik dengan gravitasi yang ada di planet kita. Teori ini juga menyebutkan bahwa lubang-lubang yang ada di bulan disebabkan oleh tarikan gravitasi bumi.

3. Teori Kondensasi

Menurut hipotesis teori ini, bulan dan bumi terbentuk bersama-sama ketika mengorbit lubang hitam. Namun teori ini tidak menjelaskan kenapa bulan mengorbit bumi, dan juga tidak menjelaskan perbedaan kepadatan antara bulan dan bumi.

4. Hipotesis Benturan Besar

Teori ini menyebut bahwa ada objek seukuran planet Mars berbenturan dengan objek lainnya, ketika bumi masih dalam pembentukan sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu. Objek planet tersebut yang mengenai bumi disebut Theia oleh para ilmuwan.

Ketika Theia menabrak bumi, sebagian dari planet kita terlepas dan akhirnya terbentuk bulan. Teori ini mungkin cukup masuk akal, tetapi tidak menjelaskan kenapa bulan dan bumi identik secara kimiawi.
X