Tubuh Kakek Korban Bom Atom Ini Dipenuhi Luka Mengerikan

Sumitery Taniguchi (foto: Daily Mail)

Seorang kakek berusia 86 tahun bernama Sumitery Taniguchi adalah salah satu korban selamat dari serangan bom atom di Nagasaki, Jepang, pada 9 Agustus 1945.

Meskipun nyawanya selamat, sekujur tubuh Taniguchi dipenuhi luka mengerikan akibat efek radiasi dari ledakan bom atom tersebut. Istrinya harus menggosok krim pelembab pada bekas lukanya setiap pagi untuk menguarngi iritasi.

Taniguchi masih tidak bisa meluruskan lengan kirinya sampai sekarang. Setengah tiga tulang rusuknya membusuk, meninggalkan penyok dan bengkak pada bagian dadanya.

Dia mengungkapkan lukanya tersebut merupakan bagian dari karyanya dengan kelompok korban selamat bom atom Nagasaki lainnya dalam perjuangan melawan proliferasi nuklir.

(foto: Daily Mail)

Lewat kelompok yang dipimpinnya tersebut, ia dan anggota lainnya berharap tidak akan ada lagi orang yang akan menderita rasa sakit dari ledakan nuklir.

Taniguchi baru berusia 16 tahun ketika bom plutonium lima ton yang dikenal dengan nama 'Fat-Man', meledak 500 meter di atas kota kelahirannya, Nagasaki, di sisi barat pulau Kyushu.

Dia yang bekerja sebagai pembawa surat kala itu, terhempas dari sepedanya akibat ledakan dahsyat bom atom tersebut.

(foto: Daily Mail)

Ketika itu, Taniguhci berada pada jarak 1 mil dari episentrum ledakan yang menewaskan 70.000 orang tersebut. Kebingungan setelah ledakan itu, dia berjalan tanpa tujuan selama tiga hari lamanya dan tidak menyadari tubuhnya telah terluka parah.

Dia bisa merasakan sesuatu seperti kain compang-camping tergantung di punggung, bahu dan lengannya. Tak lama kemudian, ia sadar bahwa itu adalah kulitnya sendiri.

Setelah diselamatkan, ia menghabiskan 21 bulan ke depan terbaring tengkurap dengan menerima pengobatan luka bakar, daging membusuk dan tulang melepuk.

Enam hari kemudian, Jepang menyerah pada sekutu dan menjadi akhir dari Perang Dunia II. Sejak saat itu, kengerian bom atom tersebut tak pernah terhapus dari ingatan Taniguchi seiring luka yang dideritanya.

Sumber: Daily Mail
X