Tanpa Disadari, 4 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Bau Mulut

Ilustrasi makan permen mint (foto: Flickr)

Bau mulut bisa membuat Anda tampil kurang percaya diri, apalagi jika kita berinteraksi langsung dengan orang lain, tentu saja itu akan membuat orang lain merasa terganggu dengan napas naga Anda.

Makanan sangat berpengaruh besar dalam menjaga kesehatan mulut Anda. Beberapa jenis makanan seperti bawang putih, produk susu olahan dan tembakau mungkin sudah diketahui banyak orang bahwa itu semua bisa menyebabkan bau mulut.

Tapi sebenarnya, ada banyak makanan yang tanpa Anda sadari bisa menyebabkan bau mulut. Seperti dilansir Wolipop, berikut beberapa makanan yang jarang diketahui orang bisa menyebabkan bau mulut.

4. Makanan bergula tinggi

Semakin manis makanan yang begula, semakin parah juga efek yang di timbulkan terhadap penyebab bau mulut. Makanan yang mengandung gula dapat memicu bakteri yang bisa menyebabkan bau mulut menjadi parah. Setelah memakan makanan yang bergula, sebaiknya segera berkumur menggunakan air bersih. Tunggu 20-30 menit kemudian gosok gigi Anda untuk menghilangkan sisa sisa gula yang ada di mulut.

3. Permen mint

Permen mint memang dapat menyebabkan mulut segar, tetapi itu hanya sementara. Mengunyah permen dapat menyebabkan mulut menjadi bau. Hal itu dikarenaka setelah kandungan methanol nya hilang, napas dan mulut akan menjadi bau, apalagi jika sebelumnya Anda menderita Halitosis (napas berbau saat di hembuskan). Jadi, sangat tidak cocok permen mint digunakan untuk mengatasi mulut Anda menjadi segar.

2. Makanan bersiat asam

Makanan yang asam bukan berarti rasa makanannya yang asam, tetapi bagaimana makanan atau minuman tersebut menegluarkan zat asam saat dicerna oleh tubuh. Sepeti kopi misalnya, kopi saat bereaksi dengan air liur (salvia) akan meyebakan aroma mulut menjadi tak sedap. Selain kopi, makanan yang mengadung asam lainnya adalah saus tomat, mentega, dan acar.

1. Makanan berprotein tinggi

Protein yang berasal dari hewani ternyata dapat menimbulkan bau mulut. Tak hanya itu terlalu banyak mengkonsumsi protein hewani juga berpotensi menimbulkan bau badan. Jadi sebaikya konsumsi protein sesuai kebutuhan dengan diimbangi oleh buah-buahan, sayur-sayuran dan karbohidrat.
X