Pria Ini Gunakan Uang Pensiunannya Untuk Tambal Jalan Berlubang

Gangadhara Tilak Katnam sedang memperbaiki jalan berlubang (foto: Odditycentral)

Seorang pria bernama Gangadhara Tilak Katnam menyumbangkan uang pensiunannya untuk memperbaiki lebih dari 1.000 lubang jalan di kampung halamannya, di Hyderabad, India.

Karena dedikasinya membatu memperbaiki jalanan berlubang, pensiunan berusia 66 tahun itu dijuluki orang-orang 'dokter jalan'.

Sejak tahun 2011, mantan insinyur kereta api itu suka berkeliling kota setiap hari untuk mengumpulkan aspal dan krikil di pinggir jalan. Kemudian dia menggunakan bahan yang telah dikumpulkannya untuk menambal jalan berlubang ditambah dengan uang pensiunannya.

Katnam menyebut pekerjaannya sebagai "Shramadaan" yang berarti menawarkan bantuan fisik. Dia mengatakan tidak membatasi dirinya untuk lingkungan dan akan memperbaiki setiap lubang yang ia temukan di jalan.

(foto: Odditycentral)

"Setelah bekerja untuk Kereta Api Tengah Selatan selama 35 tahun, saya pensiun pada bulan Oktober 2008 dan menghabiskan beberapa waktu istirahat pada tahun 2009, juga berpergian ke AS untuk bertemu anak saya," ujar Katnam, seperti dilansir Odditycentra.

"Pada bulan Januari 2010, saya kembali dan menetap di Hydershakote, di Hyderabad dan mengambil pekerjaan sebagai konsultan di sebuah biro software," tambah Katnam.

"Saya sedang mengemudi pada hari pertama saya di kantor ketika saya akhirnya memercikan air lumpur kotor pada anak-anak sekolah setelah mobil saya masuk ke lubang jalan," kenang Katnam.

Dia kemudian menceritakan bahwa ada banyak kecelakaan di beberapa tempat. Menurutnya kecelakaan itu tidak akan terjadi jika jalanannya mulus tidak banyak jalan berlubang.

Karena halitulah Katnam memutuskan untuk memperbaiki jalanan berlubang sendirian. Dia akan memperbaiki setiap lubang yang ia temukan di jalanan.
X