Pelangi Api Langka Muncul Di Atas Langit Carolina

Pelangi api di Carolina Selatan (foto: National Geographic)

Sebuah pelangi api warna-warni menerangi langit Carolina Selatan pekan ini. Fenomena langka ini bukan disebabkan oleh kebakaran hutan, melainkan disebabkan oleh keselarasan dari kekuatan atmosfer.

Dilansir National Geographic, secara teknis pelangi api itu disebut lengkungan circumhorizontal, yang disebabkan oleh cahaya yang melewati ketinggian awan cirrus bertekanan tipis.

Pelangi api ini muncul di atas langit Carolina Selatan pada hari Senin (17/8) selama satu jam dan telah diupload ke media sosial beberapa kali.

Fenomena ini hanya terjadi ketika matahari sangat tinggi di langit. Terlebih lagi, kristal es heksagonal yang membentuk awan cirrus berbentuk seperti piring tebal yang berhadapan dengan tanah.

Ketika cahaya masuk melalui bagian sisi vertikal, seperti kristal es dan daun dari bawah, maka itu akan membias atau melengkung, sama halnya dengan cahaya ketika melewati sebuah prisma.

Nah, jika kristal sebuah awan cirrus selaras dengan tepat, maka seluruh bagiannya akan berwarna menyala dalam sepktrum warna, seperti pada kasus pelangi api.
X