Hati-Hati, Keyboard Komputer Lebih Kotor Dari Toilet

Keyboard laptop
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa keyboard pada smartphone, laptop dan komputer menjadi tempat hidup bakteri yang kebanyakan menyebabkan keracunan makanan dan gangguan pencernaan.

Penelitian ini diawali dari sebuah percobaan mengusap 33 keyboard dan empat di antaranya mengandung bakteri yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Bakteri yang terkandung dalam keyboard lima kali lebih berbahaya daripada bakteri pada toilet duduk.

Seperti dilansir BBC, ahli mikrobiologi mengatakan bahwa bakteri pada keyboard dipicu pada saat pengguna mengetik sambil makan, tidak mencuci tangan setelah ke toilet dan yang lainnya.

Ketika pengguna smartphone atau komputer mengetik sekaligus makan, remah-remah makanan yang jatuh pada keyboard akan memicu tumbuhnya bakteri. Bakteri-bakteri ini akan tertahan pada sela-sela keyboard dan berkembang biak.

Bakteri-bakteri tersebut dapat menjadi penyebab gangguan kesehatan pada pernapasan dan pencernaan, khususnya usus.

Untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada keyboard, yang paling pertama adalah menjaga kebersihan diri terlebih dahulu. Misalnya saja dengan mencuci tangan setelah masuk toilet dan sebelum menggunakan smartphone atau komputer.

Keyboard juga harus dibersihkan dengan lembut, menggunakan kain bersih yang sedikit dibasahi serta didesinfeksi menggunakan tisu alkohol.
X