4 Kesalahan Saat Keramas Yang Jarang Disadari

Keramas (foto : hercampus.com)
Keramas menjadi hal penting dalam menjaga kesehatan rambut. Tapi banyak orang yang tidak sadar dengan kesalahan yang dilakukan saat keramas, sehingga rambut jadi tidak sehat

Oleh sebab itu kita sudah seharusnya tahu kesalahan apa saja yang sering kita lakukan saat keramas, agar hasilnya juga maksimal. Seperti dilansir Beautiful Girls Magazine, berikut beberapa kesalahan yang sering tak disadari saat keramas.

1. Terlalu sering mencuci rambut menggunakan shampo

Ternyata keramas menggunakan shampo membuat kulit kepala menjadi kering dan kasar. Hal ini disebabkan karena minyak pada kulit kepala dicuci bersih. Untuk mencegah kering dan kasarnya kulit kepala, keramaslah dengan air saja untuk mentransfer nultrisi pada kulit kepala. Gunakanlah shampo maksimal 2 kali dalam seminggu dan gunakan hanya pada kulit kepala sampai bagian tengah rambut.

2. Menggosok kulit kepala terlalu keras

Ketika menggosok kulit kepal saat keramas, kulit kepala akan mengerut. Hal ini akan memicu kerusakan rambut yang parah karena akar rambut melemah. Gosoklah kulit kepala secara lembut untuk mencegah kerusakan dan membuat kulit kepala serta akar rambut lebih rileks.

3. Keramas dengan air panas

Banyak orang yang suka mandi air panas atau hangat setelah beraktifitas seharian. Tapi bagi kesehatan rambut sebaiknya jangan gunakan air panas saat keramas. Guanakanlah air hangat suam-suam kuku atau air dingin untuk menjaga kelembaban rambut.

4. Menggosok rambut dengan handuk

Setelah keramas, tentu saja rambut akan diusap atau mungkin digosok dengan handuk untuk mengeringkan rambut. Menggosok rambut menggunakan handuk ternyata dapat merusak bagaian luar rambut. Sebaiknya setelah keramas, cukup usap perlahan dengan handuk dan biarkan rambut kering dengan sendirinya tanpa menggosok dengan handuk atau alat pengering lainnya.
X