Di Tempat Ini, Kamu Bisa Menggali Berlian Sepuasnya

Kawah berlian (foto: Odditycentral)

Di Kawah Berlian Taman Negara, di Murfreesboro, Arkansas, merupakan satu-satunya tambang berlian di dunia yang terbuka untuk umum. Setiap pengunjung bisa mewujudkan impiannya menggali berlian sepuasnya.

Menurut pejabat taman, lebih dari 600 berlian dari berbagai warna ditemukan oleh pengunjung setiap tahunnya. Jika diitung sejak pertama kali tambang ini ditemukan pada tahun 1906, ada lebih dari 75.000 berlian yang pernah ditemukan.

Pada tahun 1972, tambang berlian ini berubah jadi taman negara, dan sejak saat itu ada sekitar 19.000 berlian yang pernah ditemukan.

Seperti dilansir Odditycentral, para ilmuwan percaya bahwa berlian-berlian ini terbentuk tiga miliar tahun yang lalu di mantel Bumi, 60 sampai 100 mil di bawah permukaan tanah.

(foto: Odditycentral)

Batu bernilai tinggi ini terbawa ke permukaan sekitar 100 juta tahun yang lalu karena ada peningkatan magma dalam tanah. Sebuah letusan gunung berapi besar menyebabkan terbentuknya kawah yang diisi penuh oleh berlian dan juga permata semi mulia lainnya.

Kembali pada tahun 1906, keberadaan kawah berlian ini pertama kali ditemukan oleh seorang petani bernama John Huddlestone. Suatu hari ia menemukan dua bintik mengkilap di tanah ketika sedang menaburkan garam batu di peternakan babinya yang terletak tak jauh dari pertambangan.

Setelah diperiksa lebih dekat lagi, ia menyadari bahwa bintik mengkilap itu adalah berlian. Setiap batu berlian yang ia temukan pernah ditawar hanya 50 sen oleh seorang kasir bank, namun John tak sebodoh itu. Dia tahu bahwa berlian memiliki nilai jual yang tinggi.

Sejak saat itu, pertambangan berlian John tersebar luas sampai terdengar orang-orang dari luar. Ribuan orang datang ke pertambangan itu hanya untuk mendapatkan berlian.

Anehnya, John tidak tertarik untuk memiliki pertambangan itu hanya untuk dirinya sendiri. Dia kemudian menjualnya kepada seorang investor dengan harga $36.000. Tapi pemiliknya gagal melakukan beberapa upaya di pertambangan tersebut, sehingga pada tahun 1952, kawah berlian kembali dibuka untuk umum.

(foto: Odditycentral)

Hingga hari ini, taman tersebut banyak dikunjungi ratusan ribu penambang amatir setiap tahunnya. Mereka dengan hat-hati menggali dengan harapan bisa menemukan berlian.

Luar biasanya lagi, di taman itu pernah ditemukan berlian terbesar di Amerika, yaitu berlian Paman Sam yang memiliki berat 40 karat. Tak hanya itu, ada juga berlian Bintang Murfreesboro yang memiliki berat 34 karat, dan juga berlian Bintang Arkansas dengan berat 15 karat.

Kesempatan untuk mendapatkan berlian di sini tidaklah terlalu besar, pengunjung harus berusaha keras menggali berlian sampai ketemu.
X