Beberapa Hal Yang Mungkin Belum Anda Ketahui Tentang Bom Atom

Ledakan bom atom di Hiroshima (foto: Wikipedia)

Mendengar tentang bom atom, pasti banyak orang akan teringat pada peristiwa mengerikan yang terjadi di Hiroshima dan Nagasaki selama Perang Dunia II. Serangan bom atom itu merupakan serangan pertama nuklir yang langsung dijatuhkan di atas kerumunan massa.

Setidaknya, bom atom itu menewaskan 140.000 orang di Hiroshima dan 80.000 orang di Nagasaki. Belum lagi ribuan orang lainnya yang jadi cacat dan terkena berbagai penyakit akibat radiasi yang dikeluarkan oleh bom tersebut.

Dari peristiwa itu, kita tahu betapa bahayanya bom atom atau lebih kita kenal sekarang sebagai senjata nuklir tersebut. Tak bisa dipungkiri, senjata nuklir bisa memusnahkan umat manusia dalam sekejap.

Berikut ini ada beberapa hal yang mungkin saja belum Anda ketahui tentang bom atom, seperti dikutip Wow Menariknya dari Daily World Facts.

1. Bom atom pertama diuji pada tanggal 16 Juli 1945. Uji coba itu dilakukan pada pukul 5:30 pagi hari. Hari itu merupakan hari pertama orang-orang bisa menyaksikan dahsyatnya ledakan senjata nuklir. Ledakan itu menyebabkan bola api setinggi 600 meter dan membentuk sebuah awan jamur raksasa.

2. 6 Agustus 1945 adalah bulan di mana bom atom pertama dijatuhkan di tengah-tengah kerumunan manusia. Bom atom yang diberi nama "Little Boy" itu dijatuhkan pesawat pembom milik AS di atas langit Hiroshima. Bom yang memiliki kekuatan 13 kiloton TNT ini menewaskan ratusan ribu orang dalam sekejap.

3. Pada bulan yang sama, bom atom dengan kode nama "Fat-Man" dijatuhkan di atas langit Nagasaki, tepatnya pada 9 Agustus 1945. Fat-Man lebih kuat dibandingkan dengan Little Boy, di mana bom tersebut memiliki kekuatan 20 kiloton TNT yang terdiri dari plutonium.

4. Lima tahun setelah AS menunjukkan kedahsyatan bom atom di Jepang, negara-negara lain juga ingin memiliki senjata yang sama. Uni Soviet menguji bom atom pertama mereka pada tahun 1949, Inggris menguji bom atom pada tahun 1952, Perancis pada tahun 1960, China pada tahun 1964, India pada tahun 1974, dan Pakistan pada tahun 1998.

5. Sejak kemunculan senjata nuklir, manusia termasuk dalam daftar spesies yang terancam punah. Jika ditotalkan, di planet Bumi ini setidaknya ada sekitar 26.000 hulu ledak nuklir yang siap diluncurkan setiap saat. Bayangkan jika seluruh nuklir itu diledakan dalam waktu bersamaan, seluruh peradaban manusia akan lenyap seketika.

6. Lebih dari 95% senjata nuklir dimiliki oleh AS dan Rusia. Negara-negara lainnya yang memiliki senjata nuklir di antaranya adalah Inggris, Perancis, China, Israel, Pakistan, dan Korea Utara.

7. Sejak tahun 1951, AS telah membuat lebih dari 67.000 rudaln nuklir. Sejak tahun 1945, total bom nuklir yang siap dijatuhkan mencapai lebih dari 4.680 unit.

8. Secara global, manusia memiliki lebih dari 2 juta kilogram HEU (Pengayaan Uranium). Ini merupakan bahan dasar senyawa nuklir yang cukup untuk membuat jutaan hulu ledak nuklir. Saat ini hanya 15-25 kg UAE yang digunakan untuk membuat sekitar 80.000 hulu ledak nuklir di seluruh dunia.

Itulah beberapa hal yang mungkin belum Anda ketahui tentang bom atom. Belajar dari Hiroshima dan Nagasaki, senjata pemusnah massal ini seharusnya tidak diciptakan apalagi digunakan karena bisa membawa petaka bagi peradaban dunia.
X