Bantu Proklamasi Kemerdekaan RI, Bagaimana Nasib Laksamana Maeda?

Laksamana Muda Maeda Tadashi (foto: Wikipedia)

Laksamana Muda Maeda Tadashi adalah seorang perwira tinggi Angkatan Laut Kekaisaran Jepang pada masa Perang Pasifik. Dia pernah membantu Indonesia dalam mempersiapkan kemerdekaan dengan mempersilahkan rumahnya sebagai tempat penyusunan naskah proklamasi.

Setelah Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya, Jepang harus angkat kaki dari tanah air. Lantas bagaimana nasib Laksamana Maeda setelah membantu mempersiapkan kemerdekaan RI?

Laksamana Maeda ditangkap sekutu dan dijebloskan ke penjara hingga tahun 1947. Dia dianggap sebagai pengkhianat sekutu karena telah membantu mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, negara yang diincar sekutu.

Menurut putra Laksamana Maeda, Nishimura Maeda, sepulangnya ke Jepang, ayahnya masuk ke Mahkamah Militer. Dari situ awal mula Laksamana Maeda memutuskan menjadi rakyat biasa.

"Setelah kembali ke Tokyo, ayah saya menghadapi pengadilan Mahkamah Militer," kata Nishimura, seperti dilansir detik, Minggu (16/8/2015).

Kebetulan Nishimura sedang berada di Jakarta dalam agenda Napak Tilas Proklamasi yang diadakan di museum di bawah Ditjen Kebudayaan, Kemindikbud itu. Dia juga mengaku telah dihubungi komunitas Majapahit sejak beberapa tahun yang lalu.

Nishimura menjelaskan bahwa ayahnya dinyatakan tidak bersalah oleh Mahkamah Militer. Meskipun demikian, ia lebih memilih mundur dari dunia militer dan menjadi rakyat biasa.
X