Arti Kode Warna Pada Pasta Gigi

Ilustrasi kode warna pada pasta gigi
Pernahkah Anda memperhatikan kode atau simbol warna dibalik pasta gigi yang Anda gunakan? Ternyata kode berwarna tersebut memilki makna tersendiri. Kode di balik kemasan pasta gigi ini menunjukan kandungan yang terdapat dalam pasta gigi tersebut.

Kode yang berbentuk persegi panjang ini biasanya terletak pada ujung belakang pasta gigi. Ada beberapa warna kode pasta gigi yang biasa kita temui, yaitu hijau, merah, biru dan hitam. Bagaimana makna dari kode-kode ini?

Hijau artinya kandungan dalam pasta gigi ini alami. Pasta gigi dengan kode berwarna hijau tergolong aman meski dipakai oleh anak di bawah 6 tahun. Jika Anda pengguna pasta gigi dengan kode berwarna biru, pasta gigi ini juga masih tergolong aman karena terbuat dari bahan alami dengan sedikit tambahan zat kimia.

Warna merah menunjukan bahwa dalam pasta gigi tersebut mengandung zat alami dan zat kimia atau zat buatan. Namun, dalam pasta gigi ini cenderung mengandung lebih banyak zat kimia. Sedangkan untuk warna hitam sendiri artinya dalam pasta gigi tersebut mengandung 100% zat kimia.

Warna-warna ini perlu diperhatikan karena ketika pasta gigi tertelan tentu akan mengendap dan mengganggu sistem kerja organ. Untuk lebih aman, sebelum memilih pasta gigi bacalah terlebih dahulu kandungan dalam pasta gigi tersebut.

Sumber: snopes.com
X